Kisah-kisah Penting dari Tafsir Ar-Razi tentang Lafadz Bismillah

 
Kisah-kisah Penting dari Tafsir Ar-Razi tentang Lafadz Bismillah

LADUNI.ID,  Imam Fakhruddin ar-Razi (1149-1209) adalah salah seorang raksasa ilmu dalam dunia Islam. Pengarang Mafāṭīḥ al-Ghayb atau Kitāb at-Tafsīr al-Kabīr ini telah menulis sekitar 100 kitab.

Selain menulis kitab tafsir dan juga ushul al-fiqh, beliau juga menulis tentang kedokteran, astronomi, grammar, geometri, sejatah dan bidang lainnya. Beliau menguasai sejumlah disiplin ilmu berbeda. Jagoan berdebat dan tidak takut berpolemik. 

Dalam kitab tafsirnya, saat menafsirkan surat al-Fatihah, Imam ar-Razi menuliskan sejumlah kisah yang menceritakan aspek spiritual dari kalimat Bismillah. 

Saya cuplik di bawah ini tanpa tambahan penjelasan dari saya. Biarlah para pembaca melakukan perenungan masing-masing. Semoga cahaya Bismillah menerangi jalan hidup kita. Amin Ya Allah

النكتة الأولى:
مرض موسى عليه السلام واشتد وجع بطنه، فشكا إلى الله تعالى، فدله على عشب في المفازة، فأكل منه فعوفي بإذن الله تعالى، ثم عاوده ذلك المرض في وقت آخر فأكل ذلك العشب فازداد مرضه، فقال: يا رب، أكلته أولا فانتفعت به، وأكلته ثانيا فازداد مرضي، فقال: لأنك في المرة الأولى ذهبت مني إلى الكلأ فحصل فيه الشفاء، وفي المرة الثانية ذهبت منك إلى الكلأ فازداد المرض، أما علمت أن الدنيا كلها سم قاتل وترياقها اسمي؟.

Bagian pertama:

Nabi Musa merasakan sakit di perutnya. Beliau mengadu kepada Allah yang kemudian menyuruhnya mengambil sejenis daun di padang pasir. Nabi Musa mengunyahnya dan sembuh dengan ijin Allah. Kemudian Nabi Musa...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni