Perang Perdagangan Mulai Menghantam Pasar Asia dalam Empat Minggu Ini

 
Perang Perdagangan Mulai Menghantam Pasar Asia dalam Empat Minggu Ini

LADUNI.ID,  Data menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Singapura adalah yang terendah hampir satu dekade di kuartal pertama, sementara di Thailand yang terendah dalam empat tahun, meningkatkan kekhawatiran bahwa ekonomi utama Asia akan dirugikan oleh ketegangan perdagangan global.

Tanda-tanda bahwa Asia sudah merasakan kesulitan dari konflik perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina mendorong dolar AS ke level tertinggi empat minggu terahir pada hari Selasa, sementara hasil Treasury AS yang lebih tinggi membantu pergerakan tersebut.

"Prospek pertumbuhan global tampaknya semakin suram dari hari ke hari," tulis Hans Redeker, kepala strategi valuta asing global di Morgan Stanley. Dia juga mengutip penurunan ekspor Korea Selatan dalam 20 hari pertama Mei, penurunan harga baja dan penjualan kondominium Jepang terlemah sejak 2016.

"Situasi di Asia sulit - Thailand, Singapura, penurunan ekspor di Korea yang menunjukkan bahwa konflik perdagangan sedang menyakitkan bahkan tanpa eskalasi lebih lanjut," kata ahli strategi valuta asing Commerzbank Esther Maria Reichelt.

“Ini adalah penyebab utama di balik kekuatan dolar. Jika ada, saya sedikit terkejut kami tidak melihat pergerakan risiko yang lebih jelas, ”tambahnya.

Amerika Serikat sementara melonggarkan pembatasan perdagangan pada Huawei China untuk meminimalkan gangguan bagi pelanggannya, sebuah langkah yang mendorong ekuitas Asia dan membantu...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni