Benarkah Penggunaan VPN Berbahaya? Inilah Penjelasannya!

 
Benarkah Penggunaan VPN Berbahaya? Inilah Penjelasannya!

LADUNI.ID, Ada sejumlah warning dan saran dari para pakar dalam penggunaan  VPN (Virtual Private Network). Meskipun hal itu menjadi alternatif "penembus" dari adanya pembatasan media sosial dan layanan messaging seperti WhatsApp. Berikut ini rangkumannya:

Awas Jebakan Batman!

VPN (Virtual Private Network) merupakan koneksi antar jaringan bersifat pribadi melalui jaringan internet publik. Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom menyebut, VPN prinsipnya sama dengan server proxy. "Apapun trafik yang lewat ke server itu bisa dipantau oleh pemilik server," tukasnya saat berbincang dengan detikINET.

Dari sinilah masalah muncul khususnya ketika menggunakan VPN gratisan. VPN gratis seperti menawarkan permen pada anak kecil yang memang sangat menggemarinya. Jika yang menawarkan permen beritikad jahat, bisa saja si anak jadi korban kejahatan alias kena jebakan Batman.

Alfons menjelaskan, "Dalam kasus ini, pengguna VPN gratisan ibaratnya anak kecil yang tidak mengerti bahayanya mengambil permen dari orang tidak dikenal dan semua data (trafiknya) dilewatkan ke server VPN,".

Ia melanjutkan, "Pemilik server VPN jika menginginkan bisa saja melakukan tapping (merekam) atas trafik yang lewat ke servernya dan berbagai risiko mengancam pengguna VPN gratisan tersebut,".

Dengan kondisi seperti ini, tentu saja ada sejumlah risiko mengintai pengguna: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN