Dunia dalam Genggaman Era Industri 4.0

 
Dunia dalam Genggaman Era Industri 4.0

LADUNI. ID, KOLOM-PADA 10-20 tahun yang lalu, kita sama sekali tidak terpikir bahwa teknologi akan menciptakan pekerja­an seperti app developer, youtuber, vlog­ger, social media manager, social me­dia influencer atau yang lebih se­derhana dapat berjualan mela­lui in­ternet. 

Tetapi pekerjaan-pekerjaan ini telah terbukti nyata dan saat ini ber­peran sangat penting dalam menjang­kau banyak orang. Inilah yang disebut dengan era revolusi industri 4.0.

Revolusi industri telah dimulai se­jak abad ke-18, yaitu di­mu­lai dari re­volusi industri 1.0 yang ditandai de­ngan penemuan mesin uap untuk men­dukung mesin produksi, kereta api dan kapal layar.

Selanjutnya re­vo­lusi industri 2.0 yang dimulai pada awal abad ke-19 yang ditandai dengan penemuan energi listrik dan konsep pembagian tenaga kerja  untuk meng­ha­sil­kan produksi dalam jumlah yang besar.

Kemudian revolusi indus­tri 3.0 dimulai pada awal abad ke-20 yang ditandai dengan lahir­nya tekno­logi informasi dan proses produksi yang dikendalikan secara otomatis.

Dan Saat ini revolusi industri 4.0 yang te­lah mela­hirkan teknologi digital yang berdampak masif terhadap hidup ma­nusia di seluruh dunia. Revolusi in­dustri terkini atau generasi keempat men­dorong sistem di dalam semua pro­ses aktivitas.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN