Inilah Bukti Bahwa Rahmat Allah Lebih Luas dari Murka-Nya

 
Inilah Bukti Bahwa Rahmat Allah Lebih Luas dari Murka-Nya

LADUNI.ID, Jakarta - Kita tahu bahwa Abu Jahal adalah orang kafir yang paling depan memusuhi Nabi SAW. Abu Jahal punya putra bernama Ikrimah yang alim beriman kepada Nabi SAW.

Sementara itu, Abu Lahab yang kekafirannya bahkan di-nash oleh al-Quran, punya putri cantik bernama Darrah beriman kepada Nabi SAW. dan ikut hijrah ke Madinah. Karena toleransi Nabi SAW. maka para sahabat saat mengimami shalat tak berani membaca atau minimal menjaherkan surat al-Lahab di depan Sayyidatina Darrah.

Sedangkan itu, bapak Abdullah bin Ubay bin Salul yang merupakan orang kafir Madinah yang terdepan memprovokasi agar Nabi Muhammad SAW. Diusir dari Madinah, saat matinya atas permintaan sang anak, hadir untuk menshalatinya. Bahkan kain kafan yang digunakan adalah jubah Nabi SAW.

Sayyidina Umar bin Khattab, Sayyidina Khalid bin Walid, dulunya adalah penentang Nabi SAW. yang terdepan dan bengis. Namun berakhir dengan husnul khatimah menjadi pembesarnya sahabat Nabi SAW. yang terdepan.

Hikmah

Apa yang bisa kita petik dari hikmah sejarah ini? Tidak mesti orang kafir dan munafiq, keturunannya akan menjadi orang kafir dan munafiq juga. Namun sangat jarang orang shaleh yang memiliki keturunan munafiq ataupun kafir.

Hal ini merupakan secuil dari keistimewaan-keistimewaan yang Allah berikan kepada Baginda Nabi Agung Muhammad Saw.

Wallahu a'lam.

(Syaroni Assamfury)