Sejumlah Bahan Berbahaya dalam Produk Kecantikan

 
Sejumlah Bahan Berbahaya dalam Produk Kecantikan

LADUNI.ID, Jakarta -Seiring berkembangnya zaman, maka produk kecantikan pun bermunculan dalam berbagai varian. Ternyata produk-produk tersebut tidak semuanya asli dan aman digunakan, akan tetapi juga sering dijumpai ada produk yang palsu dan sangat berbahaya untuk digunakan. Sebelumnya dunia kecantikan juga sempat dirisaukan dengan beredarnya produk kosmetik palsu, sehingga memunculkan sejumlah pertanyaaan apakah produk yang kita pakai sehari-hari aman? Apakah harus menunggu efek buruk muncul untuk mengetahui keamanan kosmetikmu? oleh karena itu, mari kenali sejumlah bahan berbahaya tersebut agar kecantikan dan keawetan tubuh kita tetap terjamin dengan baik.

1. Paraben

Paraben merupakan salah satu jenis bahan yang sering digunakan dalam produk kecantikan seperti make up, pelembap, skincare, dan sebagainya. Produk ini memiliki sejumlah turunan, di antaranya butylparaben, ethylparaben, propylparaben dan methylparaben. Disamping itu, ia beserta turunannya juga diyakini memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan seperti kanker payudara, dermatitis dan rosacea (kemerahan pada kulit).

Seperti dikutip dari laman Hello Glow, Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bukti keterkaitan paraben dengan kanker payudara, kanker kulit, gangguan reproduksi dan sistem endokrin. 

2. Sodium lauryl sulfate

Senyawa ini banyak digunakan dalam produk seperti sampo, sabun mandi, obat kumur, pasta gigi, alas bedak sampai sabun muka. seperti dikutip dari laman Hello Glow menyebutkan bahwa bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, seriawan, gangguan keseimbangan minyak alami kulit dan kerusakan mata. Selain itu, dapat pula menyebabkan munculnya jerawat di sekitar mulut dan dagu. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN