Dahsyatnya Kelebihan Zikir Al-Ghaffar

 
Dahsyatnya Kelebihan Zikir Al-Ghaffar

LADUNI. ID, HIKMAH-Sebelumnya kita telah membahas zikir al-Mushawwir sebagai zikir ketiga belas dalam Asmaul Husna. Sedangkan selanjutnya zikir keempat belas bernama Al-Ghaffar. Zikir ini berasal dari fi’il madhi “ghafara”, yang berarti menutupi. 

Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa kata Al-Ghaffar itu terambil dari kata “alghafaru” yang berarti sejenis tumbuhan yang digunakan untuk mengobati luka.

Jika kita mengambil makna yang pertama, maka Al-Ghaffar berarti Allah menutupi dosa hamba-hamba-Nya karena kemurahan dan keluasan ampunan-Nya. 

Sedangkan  jika kita memaknai dengan kata yang kedua, berarti Allah menganugerahkan sifat penyesalan kepada hamba-hamba-Nya sehingga bisa menjadi obat penawar sekaligus penghapusan dosa.

Secara ringkas dapat diambil kesimpulan bahwa Al-Ghaffar bermakan: Yang Maha Pengampun, Dia Maha Pengampun dan Bbnyak pemberian maaf-Nya dan menutupi dosa-dosa dan kesalahan hamba.

Dalil Zikir Al-Ghaffar

Dalam Al-Qur’an menurut sebagian ahli ilmu menyebutkan bahwa kata “Ghaffar” sebanyak lima kali, tiga kali berdiri sendiri, sedang dua kali lainnya dirangkai setelah penyebutan sifat dan nama Indah lainnya, yaitu Al-Aziz. Salah satunya disebutkan di dalam surat At-Taubah berbunyi: "Sesungguhnya Tuhanmu sangat luas maghfirah-Nya." (QS. At-Taubah: 117)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN