Mengais Keberkahan Negeri Yaman via Abi MUDI, Sudahkah Anda Mencicipinya? 

 
Mengais Keberkahan Negeri Yaman via Abi MUDI, Sudahkah Anda Mencicipinya? 

LADUNI. ID, KOLOM- Dunia merupakan singgahan sementara sebelum menuju kampung asal Akhirat. Di dunia ini ada beberapa daerah yang teristimewa dengan banyak kelebihannya. Salah satunya Yaman. Apakah kelebihan Yaman itu hanya mitos dan "hoaks" ?

Tentu saja tidak, banyak literasi dan nasih kelebihan negeri aulia tersebut. Allah Ta’ala menjadikan negeri Syam dan Yaman sebagai negeri-negeri yang diberkahi.

Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, “Ya Allah, berkahilah bagi kami di dalam Syam kami. Ya Allah, berkahilah bagi kami di dalam Yaman kami.”

Menjadi penting untuk dijawab, mengapa Allah Ta’ala menjadikan Yaman sebagai salah satu negeri yang Dia limpahkan keberkahan di dalamnya? Mengapa tidak negeri lain di sekitarnya?

Yaman adalah negeri yang disebutkan oleh Allah Ta’ala dengan julukan baldatun thayyibatun wa Rabbun ghafur (Negeri yang aman, dan senantiasa mendapat ampunan Rabb-nya). Kemudian, Yaman direkomendasikan oleh Nabi sebagai negeri yang layak untuk dihuni di akhir zaman kelak.

“Jika kalian keberatan (tinggal di Syam), maka menetaplah di Yaman dan minumlah dari saluran air kalian. Sungguh, Allah telah berjanji kepadaku untuk menjaga Syam dan ahlinya.” Kalimat indah ini merupakan jawaban Nabi kepada sahabat Ibnu Hawalah.

Di antara yang menjelaskan sebab-sebab...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni