Apakah Koalisi Global Pakta Baghdad Baru?

 
Apakah Koalisi Global Pakta Baghdad Baru?

LADUNI.ID, Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS sekarang memasuki bulan ketiga tanpa operasi udara tunggal terhadap Negara Islam (ISIS atau IS) di Suriah, dan hanya segelintir di Irak. Dengan IS dalam manifestasi kekhalifahannya dihilangkan, Koalisi Global harusnya mereda sekarang. Jauh dari itu.

Ungkapan "misi merayap" mungkin hampir ditemukan dengan mempertimbangkan Koalisi Global. Mulai dari misinya yang terfokus secara sempit untuk mengembalikan IS di Irak pada 2014, pertama kali memperluas wilayah operasinya untuk memasukkan Suriah tanpa meminta izin dari pemerintah Suriah, apalagi koordinasinya. Dan sekarang IS dikalahkan, misi di Suriah telah berubah menjadi "stabilisasi," implementasi (selektif) UNSCR 2254 (cetak biru yang gagal untuk perdamaian yang dinegosiasikan), dan "promosi tata kelola inklusif."

Kekuatan-kekuatan Barat hampir tidak bisa berharap untuk memperoleh kendaraan yang bermanfaat dan penuh daya beli untuk ambisi mereka di Timur Tengah. Sejarah wilayah sejak Perang Dunia II dihiasi dengan skema gagal untuk memaksakan arsitektur keamanan Barat. Penentangan terhadap Pakta Baghdad secara resmi disebut Central Treaty Organization (CENTO) adalah seruan untuk Nasser dan Kiri Arab pada 1950-an dan 1960-an. Pakta, yang didirikan pada tahun 1955, mengelompokkan Inggris, Irak, Iran, Pakistan, dan Turki dengan tujuan untuk memastikan stabilitas di kawasan tersebut. Amerika Serikat mendukung tetapi awalnya tetap berada di tangan panjang karena takut terlihat berperilaku seperti kekuatan kekaisaran. Namun Amerika Serikat bergabung dengan lengan militer Pakta pada tahun 1957. CENTO menjadi simbol dari upaya kekuatan konservatif untuk membendung gelombang sosialisme dan nasionalisme Arab menyapu kawasan itu. Ketika upaya-upaya itu gagal, Pakta tersebut hancur dan secara resmi berakhir pada 1979 dengan jatuhnya syah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN