Dr. KH. M. Luqman Hakim: Jangan Putus Asa Ketika Doamu Belum Terkabulkan

 
Dr. KH. M. Luqman Hakim: Jangan Putus Asa Ketika Doamu Belum Terkabulkan

LADUNI.ID, Allah memberikan segala kebutuhan manusia dalam menjalani hidupnya. Meski demikian, manusia diminta untuk memintanya kepada Allah dengan cara berdoa. Seperti janji Allah dalam Surat Al Mukmin ayat 60.

Mintalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan.

Ada kalanya doa bisa cepat terbalas. Tetapi, ada kalanya pula kita harus menunggu lama lantaran doa kita belum juga dijawag oleh Allah SWT.

Jika doamu belum juga terkabul, sebaiknya renungkan hal-hal ini.

  • Pertama, tugas manusia hanyalah berdoa. Perkara dikabulkan atau tidak, itu adalah hak Allah.
  • Kedua, ingatlah bahwa Allah ingin selalu kita berdoa kepada-Nya. Bisa jadi kita tidak lagi berdoa, ketika doa yang sudah kita panjatkan dikabulkan.
  • Ketiga, doa tidak terkabul karena ada potensi membawa fitnah bagi diri kita. Semisal, kita memohon agar diberi kekayaan, tidak juga terkabul karena mungkin kita bisa menjadi sombong.

Menurut Dr. KH. M. Luqman Hakim dalam video ceramahnya.

Ketika doa kita terus-menerus kita lakukan "Kok belum engkau beri, Ya Allah?", "Kok belum Engkau ijabah Ya Allah?", "Kok belum muncul pemberianmu Ya Allah?".

Mujiban Liyaksik; Membuat anda putus asa berdoa, jangan!, Kenapa? Allah lah yang menjamin ijabahnya bagimu, Fima Yakhtaru Lak; ijabahnya akan dipilih kan oleh Allah kepadamu Bukan menurut pilihanmu.

Kita hanya bisa meminta, kapan? Wafil Waqtilladzi Yurid; menurut waktu yang dikehendaki oleh Allah, Lafil Waqtilladzi Turid; bukan waktu yang anda inginkan.