Meraih Kemenangan Pasca Ramadhan

 
Meraih Kemenangan Pasca Ramadhan

LADUNI. ID, KOLOM-Salah satu bulan yang mempunyai banyak kelebihan dikenal dengan sebutan Syawal. Bulan ini merupakan bulan kesepuluh dalam penanggalan Hijriah yang dihiasi keutamaan dan keistimewaan.

Sebagian ulama dan fuqaha menganggap bulan syawal sebagai bulan implementasi konsep ibadah Idul Fitri yang bermakna kembali ke fitrah.

Sebagian ahli sejarah menyebutkan Syawal itu mempunyai makna tersendiri. Ini sebagaimana diungkapkan Syekh Ibnul ‘Allan Asy Syafii.

“Penamaan bulan Syawal itu diambil dari kalimat Sya-lat al Ibil yang maknanya seekor unta yang mengangkat atau menegakkan ekornya. Syawal dimaknai demikian, karena dulu orang-orang Arab menggantungkan alat-alat perang mereka, disebabkan sudah dekat dengan bulan-bulan haram, yaitu bulan larangan untuk berperang.” (Kitab Dalil al Falihin li Syarh Riyadh al Shalihin, Syekh Muhammad bin ‘Allan al Shiddiqi al Syafii al Maki)

Sedangkan kata Fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, keburukan berdasarkan dari akar kata fathoro-yafthiru dan hadis Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq ‘alayh). 

Dalam hadist yang lain disebutkan berbunyi:"Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq ‘alayh) . 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN