Para Pemimpin Dunia Dorong Iran-AS untuk Menahan Diri

 
Para Pemimpin Dunia Dorong Iran-AS untuk Menahan Diri

LADUNI.ID, Iran menembak jatuh sebuah pesawat pengintai militer Amerika Serikat yang telah membuat Teheran dan Washington pada jalur konflik, mendorong alarm global dan permohonan bagi kedua negara untuk menahan diri dari senjata perang yang tidak terhunus.

Seruan untuk de-eskalasi datang ketika Presiden AS Donald Trump, dalam sebuah postingan Twitter pada hari Jumat, mengkonfirmasi ia telah  memblokir serangan balasan militer terhadap Iran.

"Kami siap membalas dengan hanya 3 tanda," kata Trump, menambahkan bahwa "10 menit sebelum serangan saya menghentikannya, tidak sebanding dengan menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak."

Ketegangan AS-Iran telah meningkat sejak Trump menarik Washinggton dari perjanjian nuklir penting yang mengekang program nuklir Teheran dan menerapkan kembali sanksi hukuman.

Inilah reaksi dunia terhadap gesekan terbaru:

Arab Saudi
Pangeran Khalid bin Salman, wakil menteri pertahanan Arab Saudi, mengatakan dalam sebuah tweet dia membahas "serangan Iran" terbaru dengan utusan AS untuk Iran, Brian Hook, dalam pertemuan Jumat.

"Kami menegaskan dukungan kerajaan yang datang sebagai akibat dari berlanjutnya permusuhan dan terorisme Iran," katanya, seraya menambahkan bahwa ia dan Hook mengeksplorasi "upaya terbaru untuk melawan tindakan Iran yang bermusuhan dan eskalasi terus menerus yang mengancam keamanan dan stabilitas kawasan itu. ".

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN