Ikhtiar Menenangkan Hati Orang yang Ditinggal Mati Keluarganya

 
Ikhtiar Menenangkan Hati Orang yang Ditinggal Mati Keluarganya
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Ungkapan bahwa “rezeki, jodoh, dan kematian adalah rahasia Allah” sudah sangat familiar terdengar oleh kita. Ungkapan ini sejatinya sudah hampir mendarah daging di dalam diri kita, apalagi tentunya sejak kecil orang di se­kitar kita seperti orang tua, guru, teman, dan masyarakat di mana tempat kita hidup, sering kali menyampaikan ungkapan ini hingga kini dan terus diulang-ulang sebagai bentuk penguatan keyakinan dalam menjalani kehidupan ini.

Berbicara tentang maut atau kematian, maka harus dipahami bahwa hal itu merupakan ketetapan Allah yang sangat misterius. Tidak ada yang tahu, meskipun terkadang diri berusaha mencari tahu. Setiap orang tidak akan pernah ada yang tahu kapan ia akan “dipanggil” Allah SWT.

Adapun yang ada, adalah bahwa manusia hanya mendapatkan petunjuk bagaimana seharusnya menyikapi kehidupan dengan cobaan yang menerpa.

Allah SWT berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikem­balikan.” (

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN