Empat Metode Dakwah Nabi

 
Empat Metode Dakwah Nabi

LADUNI.ID - 

هو الذي بعث في الأميين رسولا منهم يتلو عليهم آياته ويزكيهم ويعلمهم الكتاب والحكمة وان كانوا من قبل لفي ضلال مبين (الجمعة ٢)

Nabi Muhammad diturunkan di masyarakat buta huruf (ummi) secara keilmuan dan sesat yang nyata secara peradaban. Namun Nabi mampu membangun umat yang wasathan (moderat-toleran) sehingga mampu menjadi saksi dalam segala bidang (agama, sosial, Ekonomi, peradaban, Dan politik).

Masyarakat wasathan inilah yang mampu berperan membangkitkan kemajuan dan meraih cita-cita di berbagai sektor kehidupan sehingga Nabi dan para sahabatnya menjadi pemimpin perubahan yang mencerahkan.

Ada 4 Metode dakwah Nabi dalam mengubah masyarakat ummi secara pengetahuan dan terbelakang dari segi Kebudayaan.

Pertama, يتلو عليهم اياته (membaca Al Qur'an)

Masyarakat Arab diajari membaca Al Qur'an. Al Qur'an adalah firman Allah yang membimbing manusia menuju jalan lurus. Banyak sahabat Nabi yang mendapatkan hidayah karena mendengar bacaan Al Qur'an. Salah satunya adalah Umar bin Khattab ketika mendengar adiknya membaca QS. Thaha:

طه ما انزلنا عليك القران لتشقي إلا تذكرة لمن يخشي تنزيلا ممن خلق الأرض والسموات العلى الرحمن على العرش استوى ...

Mendengar bacaan ini, Umar terketuk hatinya dan akhirnya datang kepada Nabi bersyahadat masuk Islam. Prabu Siliwangi tunduk kepada Putri Subang Larang ketika mendengar bacaan Al Qurannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN