Pesantren Al-Awwabin Depok

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Awwabin Depok

Profil

Pada awalnya, Pondok Pesantren Al-Awwabin didirikan diatas tanah milik pribadi orang tua KH. Abdurrahman Nawi, yang bernama H. NAWI, saat itu lokasinya berada di Jl. Tebet-Barat VII Jakarta Selatan, tepat bersebelahan dengan rumah pribadi Beliau. Dan pada waktu itu pendidikannya masih bersifat  non formal, tak ada sekolah, Al-Awwabin hanya menampung santri dewasa, yang umurnya berkisar 20 tahun keatas, dengan jumlah yang dibatasi pula mengingat tempat yang belum memadai.

Dan akhirnya, pada tahun - tahun berikutnya atau berkisar tahun 70 an, barulah anak lelaki kelahiran betawi yang disebut sebut sebagai Kyai Antik ini, mulai membangun gedung - gadung baru untuk mengembangkan kepak sayap Al-Awwabin dengan membuka pendidikan yang bersifat formal, yaitu pendidikan sekolah untuk tingkat Tsanawiyah ( SMP ) dan Aliyah ( SMA ), gedung gedung tersebut dibangun diatas tanah milik pribadi orang tuanya, yang lokasinya berbeda dari yang pertama tadi yakni di Jl. Tebet -Barat VI H Jakarta Selatan.

Perkambangan Pon-pest. Al-Awwabin tak hanya berhenti sampai disitu, ia terus melaju pesat, terus mengembangkan sayapnya, yang pada akhirnya Al-Awwabin mampu meletakkan sayapnya hingga menyentuh wilayah diluar Jakarta, yakni Depok dan Bedahan Bogor yaitu berkisar pada tahun 1980an..

Pada tahun 1989 terwujudlah cita-citanya untuk membangun sebuah Pondok Pesantren meskipun belum resmi. Pada tanggal 10 bulan Oktober tahun 1989 diresmikanlah Pondok Pesantren oleh Menteri Agama, Munawir Sadzali dan Ketua PBNU saat itu KH. Idham Chalid sekaligus diberi nama yaitu Pondok Pesantren Al-Awwabin yang bertempat di Pancoran Mas Depok.
Pada tahun 1990, pertama kali dibuka penerimaan santri baru untuk angkatan pertama yang kira-kira berjumlah 30 santri. Lambat laun santri di Pondok Pesantren Al-Awwabin meningkat sampai kira-kira 500 santri. Akan tetapi di dalam hati beliau rasanya belum cukup membuka Pesantren satu cabang saja. Akhirnya, beliau berinisiatif membuka cabang yang kedua di Desa Perigi, Sawangan yang di khususkan untuk santriwati.

Pengasuh

KH. Abdurrahman Nawi

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. MI
2. MTs
3. MA 


Pendidikan Non Formal

  1. Pengajian Halaqoh Kitab Kuning (Madrasah Diniyah)
  2. Kader Da’i
  3. Majelis Ta’lim

Ekstrakurikuler

  1. Muhadloroh
  2.  Pramuka
  3.  Komputer
  4.  PMR
  5.  Marching Band
  6.  Qiro'at
  7. Qasidah
  8. Hadrah
  9. Marawis

 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah
 

 


 

 

Alamat

 Jl. Raya Sawangan No. 21 Pancoran Mas Depok, Jawa Barat Telp. ( 021 ) 7522120

Kode Pos:  46461 

Telepon : ( 021 ) 7522120

 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.