Kumpulan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

 
Kumpulan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

LADUNI.ID, Jakarta - Bulan Dzulhijjah salah satu bulan yang menjadi bulan baik penuh berkah, pahala dan dimuliakan Allah SWT selain bulan Ramadhan, di dalam bulan ini terdapat ibadah yang diwaibkan bagi meraka yang mempu mengerjakan baik dari segi harta maupun dari segi mentalnya, yaitu melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji merupakan penyempurna dari Rukun Islam yang ke lima.

Mengenai bulan Dzulhijjah, umat muslim disunahkan untuk melaksanakan puasa Dzuhijjah, menunaikan ibadah Haji dan menyembelih hewan kurban. Puasa sunah bisa dimulai pada hari pertama bulan Dzulhijjah hingga tanggal 9 Dzulhijjah. Sedangkan puasa yang dikatakan paling utama di bulan ini adalah puasa Tarwiyah dan Arafah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Bagi orang yang belum mampu melakukan ibadah haji, dianjurkan untuk mengamalkan amalan sunnah lainnya, seperti menyembelih kurban, sedekah sebanyak-banyaknya, shalat dan berpuasa, sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW setiap bulan Dzulhijjah selalu melaksanakan puasa sunnah.


    قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر

Artinya : “Rasulullah SAW berkata: Tak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini,” (HR. At- Tirmidzi)

Para ulama menggunakan hadits ini sebagai dalil anjuran puasa sembilan hari di awal bulan Dzulhijjah. Hal ini tampak dalam judul bab dalam kitab Ibnu Majah yang memberi judul Shiyamul ‘asyr (puasa sepuluh hari). Selain itu, Ibnu Hajar al Asqalani dalam kitabnya Fathul Baari  mengatakan:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN