Peneliti Muda Indonesia Mampu Bersaing di Dunia Global, Ini Buktinya

 
Peneliti Muda Indonesia Mampu Bersaing di Dunia Global, Ini Buktinya

LADUNI.ID, Jakarta - Peneliti muda yang terdiri dari SMA dan SMP sudah membuktikan kompetensinya di level global. Hal ini dibuktikan ketika kompetensi peneliti muda Indonesia mampu bersaing dan meraih prestasi dalam International Conference of Young Social Scientist (ICYSS) 2019, di Belgrade, Serbia, Selasa sampai Senin (20-26/8).

ICYSS 2019 merupakan kompetisi penelitian internasional remaja di bidang sosial di mana peneliti muda Indonesia mampu menyabet 1 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Mereka akan membawa penghargaan tersebut sebagai sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia.

"Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia, mengingat separuh dari juara di atas masih duduk di bangku SMP, dan lomba tidak membedakan siswa SMP atau SMA," terang Monika Raharti, Direktur Center for Young Scientists, seperti dilansir dari laman kompas.com, Selasa (27/8).

Monika juga menjelaskan bahwa generasi muda Indonesia ini sudah menunjukkan perkembangan kemampuan dalam bidang riset. Hal yang paling mencengkan, lanjut Monika, kemampuan riset tersebut sudah ditunjukkan oleh peneliti di jenjang pendidikan SMP.

"(Ini) sebuah pertanda bahwa penelitian di bidang sosial sudah merasuk ke jenjang SMP, dan bahkan sudah mulai menjadi bagian dari kurikulum di berbagai sekolah. Tim Indonesia dibentuk dari seleksi berjenjang Lomba Peneliti Belia Sosial di berbagai provinsi, yang berlanjut ke lomba tingkat nasional," lanjut Monika.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN