Wisata dan Ziarah di Makam Syech Pandan Jati Pemalang

 
Wisata dan Ziarah di Makam Syech Pandan Jati Pemalang

Sekilas Sejarah

Ki Pandan Jati adalah pembesar Kerajaan Mataram. Namun karena dituduh melakukan korupsi dan dihukum seumur hidup, dia lantas mengasingkan diri ke daerah barat, tepatnya di kawasan hutan Bantarbolang.

Di tengah hutan itulah dia bertemu Mbah Bantarbolang dan diizinkan tinggal di rumahnya.  Lantaran yakin bahwa Ki Pandan Jati adalah orang yang baik, dia kemudian diangkat menjadi murid dan digembleng oleh Mbah Bantarbolang. Bersama murid Mbah Bantarbolang lainnya yaitu Ki Palintaran, Ki Pandan Jati menjelma menjadi pribadi yang sangat tangguh secara lahir dan batin. Keduanya juga menjadi murid kesayangan Mbah Bantarbolang dan mewarisi semua ilmu dari gurunya tersebut. Bahkan, konon keduanya menjadi orang sakti yang mampu menerawang sebuah peristiwa yang akan terjadi di masa datang.

Ketika Mbah Bantarbolang bermaksud mencari penerusnya, dia menguji kedua muridnya tersebut. Secara sembunyi-sembunyi, Mbah Bantarbolang meninggalkan padepokan. Ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran untuk memimpin padepokan bersama.

Kepergian Mbah Bantarbolang tentu saja membuat semua muridnya merasa kehilangan. Ki Pandan Jati dan Ki Palintaran lalu berusaha mencarinya. Namun kemudian Ki Pandan Jati yang memiliki mata batin yang lebih tajam, berhasil menemukan gurunya. Sayang, Mbah Bantarbolang enggan untuk kembali menjadi guru dan meminta Ki Pandan Jati untuk memimpin padepokannya. Menuruti kemauan sang guru, Ki Pandan Jati lantas memimpin padepokan tersebut hingga akhir hayatnya dan dimakamkan di Desa Bantarbolang.

 

Lokasi Makam

Makam Ki Pandan Jati, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika dari arah barat, setelah memasuki Kota Pemalang dan melewati alun-alun, berbeloklah ke arah kanan. Tapi jika dari arah timur, berbeloklah ke kiri di lampu merah sebelum Alun-alun Pemalang.

Perjalanan akan dilanjutkan beberapa puluh kilometer ke arah selatan melewati daerah perbukitan di jalan utama Bantarbolang-Randudongkal-Bobotsari. Setelah itu, berbelok ke arah kanan, persisnya di Pasar Bantarbolang dan langsung memasuki jalan yang menuju area Makam Ki Pandan Jati.