Pesantren Islam As Shiddiqi Putra Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Islam As Shiddiqi Putra Jember

Profil

Pondok Pesantren Islam As Shiddiqi Putra (PPI Ashtra) termasuk ponpes tua di Jember. Ponpes yang berlokasi di Jl KH Shiddiq nomor 21, Talangsari, ini berada di pusat kota. Ponpes ini masih memegang erat budaya lama, seperti tak tergerus perkembangan zaman.

Cucu KH Muhammad Shiddiq, Firjoun Barlaman Achmad Shiddiq menuturkan, ponpes tersebut memang benar dirintis oleh almarhum kakeknya. Pria yang akrab disapa Gus Firjoun ini adalah putra dari almarhum KH Achmad Shiddiq, anak dari Mbah Shiddiq. “Ponpes ini sudah didirikan tahun 1915 oleh Mbah Muhammad Shiddiq. Setelah beliau wafat digantikan oleh bapak, dan dilanjutkan lagi oleh putra-putranya,” ungkap Gus Firjoun kepada Radarjember.id.

Namun, perjuangan Kiai Shiddiq bukan hanya merintis Ponpes PPI Ashtra saja dalam hal menyebarkan agama Islam melalui pondok. Namun, sampai ke Madrasah Ibtidaiyah dan Universitas Islam Jember (UIJ) juga digagas Kiai Shiddiq. Dia tak sendiri, melainkan juga bersama-sama dengan kiai lainnya, seperti Kiai Dofir Salam dan Kiai Achmad Yasin.

“Mbah Shiddiq tidak hanya mengajar saja. Tetapi juga banyak membangun masjid sambil berdakwah,” jelas Gus Firjoun. Gus Firjoun merupakan salah satu pelaksana di PPI Ashtra sampai sekarang ini. Selain itu, dia sering berdakwah seperti yang dilakukan oleh almarhum ayahanda dan kakeknya.

Di kawasan Jl KH. Shiddiq, Talangsari, total ada empat pondok yang masih satu keluarga besar Mbah Shiddiq. “Empat pondok itu masih pondok keluarga semua,” imbuh pria berusia 51 tahun ini. PPI Ashtra belum ada lembaga pendidikan formalnya. Para santri putranya hampir semua mahasiswa aktif. Ponpes ini hanya mampu menampung sekitar 50 sampai 70 santri putra saja.

Jadi, para santri tersebut selain tetap kuliah seperti biasa, mereka juga aktif menggelar kegiatan di pondok. Contohnya, mereka aktif di kegiatan hadrah. “Pondok putra ini lebih kami tekankan soal ubudiyah. Kalau di As Shiddiq putri lebih ke ubudiyah dan tarbiyah-nya. Selain itu, kami juga menggelar ngaji sorogan, ngaji kuno,” ucap pria yang sudah punya tujuh buah hati ini.

Dia menambahkan, ngaji kuno tersebut lebih menekankan rasa kebersamaan. Sebab, santri bisa mengaji bersama-sama tidak dibedakan kelas. Di samping mempertahankan pola lama, pihaknya ingin melestarikan budaya. “Dulu memang ada pesan dari Mbah. Apa yang sudah ada jangan diubah, dan jangan dikurangi. Perkara ada tambahan inovasi menyesuaikan perkembangan zaman,” ungkapnya.

Pengasuh

  1. KH. Muhammad Shiddiq
  2. KH Achmad Shiddiq
  3. KH. Firjoun Barlaman Achmad Shiddiq


Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MI
  2. MTs
  3. MA


Pendidikan non Formal

  1. Tarbiyah Diniyah
  2. Tarbiyah Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an 
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Voli
  15. Basket
     


 

 

Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor

 

Alamat

Jl KH Shiddiq nomor 21, Talangsari, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur

Telepon: (0331) 421210

Kode Pos: 68131

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.