Pasca Tewasnya Pimpinan ISIS, Amerika Kuasai Ladang Minyak Bekas Milik ISIS

 
Pasca Tewasnya Pimpinan ISIS, Amerika Kuasai Ladang Minyak Bekas Milik ISIS

LADUNI.ID- Setelah tewasnya Abu Bakar Al-Baghdadi pemimpin ISIS, Amerika Serikat bergerak cepat dengan menguasai ladang-ladang minyak yang selama ini dikuasai oleh pasukan ISIS.

Iran dan Rusia mengutuk langkah ini, mereka mengkriti langkah keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tentang kehadiran militer di ladang minyak di timur laut Suriah tersebut.

Pada Minggu (27/10/2019), Trump juga menyarankan agar Exxon Mobil Corp atau perusahaan minyak AS lainnya dapat mengoperasikan ladang minyak Suriah.

Baca Juga: Pimpinan ISIS al-Baghdadi Dikuburkan di Laut Oleh AS


Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membahas masalah ini pada konferensi pers di Jenewa pada Selasa malam (29/10/2019) setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

“Yah, Amerika Serikat sepertinya akan tetap tinggal untuk menyedot minyak,” katanya Javad Zarif Reuters, Rabu (30/10/2019).

“AS datang ke Suriah tanpa izin, beda dengan Iran dan Rusia yang datang atas undangan pemerintah Suriah, dan selama pemerintah Suriah dan rakyat Suriah menginginkan kami berada di sana, kami tetap di sana,” lanjutnya.

Baca Juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN