Kisah Heroik Kakek Samsul Kikis Gunung Sendirian Demi Jalan Desa

 
Kisah Heroik Kakek Samsul Kikis Gunung Sendirian Demi Jalan Desa

LADUNI.ID, Bulukumba - Sebuah dusun bernama Benteng yang terletak di Bulukumba adalah lokasi yang terpencil dan terisolasi membuat warga harus menempuh perjalanan berat untuk ke mana-mana. Tapi kini, mereka sudah punya akses jalan yang lebih dekat. Semuanya berkat Kakek Samsul, seorang berusia lanjut yang seorang diri mengikis gunung dengan sebuah lingggis untuk membuat akses jalan bagi warga kampungnya. Berikut perjuangan beliau yang mengharukan.

***

Desa Benteng yang terletak di Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bukumba. Lokasinya sangat terpencil dan terisolir, yang jaraknya sekitar 1,5 jam dari pusat kota dengan kendaraan. Dulu, warga dusun Benteng harus menempuh perjalanan yang terjal dan memutar, melewati hutan, memanjati gunung, dan menyeberangi sungai. Itupun harus ditempuh dengan berjalan kaki, karena kendaraan roda 2 dan 4 tidak bisa mengakses ke sana.

Kakek Samsul merasa kasihan melihat warga dusunnya harus menempuh jalan memutar untuk bepergian, Kakek Samsul memutuskan untuk membuka jalan melewati sebuah gunung. Prihatin dengan perjuangan warga kampungnya untuk mobilisasi, Kakek Samsul memutuskan untuk membuka sebuah jalan baru melalui gunung. Selain memotong jarak, jalan ini juga memungkinkan untuk diakses kendaraan. Usaha ini jelas tidak mudah. Kakek Samsul memerlukan waktu 10 tahun untuk membuka jalan ini. Upaya Kakek Samsul juga sempat diragukan karena medan yang dianggap terlalu sulit dan terjal.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN