UII Masuk Dalam 500 Universitas Terbaik Asia Versi QS AUR 2020

 
UII Masuk Dalam 500 Universitas Terbaik Asia Versi QS AUR 2020

LADUNI.ID, Sleman - Pada Konferensi QS Asia-Pacific Professional Leaders in Education (APPLE) 2019 di Fukuoka, Jepang, QS Asia University Rankings (AUR) 2020 merilis 500 perguruan tinggi (PT) terbaik Asia.

Dalam rilis tersbut, UII masuk ke dalam jajaran 451-500 di Asia atau peringkat 13 di Indonesia. Itu artinya, UII merupakan satu dari 20 PT Indonesia yang masuk dalam daftar terbaik Asia.

Menurut Rektor UII, Fathul Wahid, dalam QS AUR 2020 UII memiliki dua indikator yang menguatkan penilaian pemeringkatan, yakni reputasi akademik dan ada jumlah mahasiswa pertukaran inbound. Namun, Fathul menilai, pemeringkatan bukanlah tujuan.

Pada konferensi yang dihadiri 706 lebih delegasi 200 perguruan tinggi di Asia Pasifik itu, Fathul Wahid menekankan bahwa UII memandang hasil pemeringkatan QS AUR 2020 tersebut sebagai buah atas perbaikan keberlanjutan yang selama ini diupayakan civitas akademika.

"Melainkan efek samping atas upaya peningkatan kualitas di berbagai komponen dalam kinerja perguruan tinggi," kata Fathul, belum lama ini.

Selain memiliki stan-stan pameran, UII melakukan pertemuan retensi kerja sama dengan universitas mitra, yakni Universiti Malaya, Youngsan University Korsel dan Kumamoto University Jepang. Selain itu, UII melakukan penjajakan kerja sama di bidang pertukaran mahasiswa dan pemagangan riset mahasiswa dengan mitra-mitra baru, seperti Shibaura Institute of Technology Jepang dan Ajman University (UEA).

Selain itu, UII juga melakukan penandatanganan MoU bidang pertukaran dosen dan mahasiswa. Penandatanganan MoU soal kolaborasi riset dengan asosiasi perguruan tinggi di Filipina, The Association of Local Colleges and Universities Commission on Accreditation (ALCUCOA).