Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH Utsman Al-Ishaqi Surabaya

 
Wisata Ziarah dan Berdoa di Makam KH Utsman Al-Ishaqi Surabaya

Sekilas Biografi
KH Utsman Al-Ishaqi, adalah Mursyid Tarekat Qadiriyah wa-Naqsyandiyah, yang bekakangan terhimpun dalam Jamaah Dzikir Al-Khidmah. Beliau adalah pendiri dan pengasuh pesantren Pesantren Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin Jatipurwo, Surabaya.

KH. M. Utsman al-Ishaqi dilahirkan di Jatipurwo Surabaya pada hari Rabu bulan Jumadil Akhir tahun 1334 H sekitar tahun 1915 M. setelah beliau bertapa dalam rahim sang ibunda selama 16 bulan.

Semasa hidupnya, Kiai Usman amat dekat dengan semua lapisan masyarakat. Hal itu tak lain karena sikap dan perilakunya yang luwes dan supel kepada semua orang, termasuk orang-orang China dan non-Muslim. Sikapnya yang santun dan menjaga perasaan orang lain membuat Kiai Usman disegani masyarakat.

Mondok Ilmu
KH Utsman Al-Ishaqi pernah mondok pesantren di pondok Kyai Munir Jambu Madura, pesantren Tebu Ireng Jombang, dan Pesantren Peterongan Jombang.

Lokasi Makam KH Utsman Al-Ishaqi
Beliau wafat di Rumah Sakit Islam Surabaya pada saat Tarhim Shubuh di hari Ahad tanggal 8 Januari tahun 1984 Masehi yang bertepatan dengan tanggal 5 Robi’uts Tsani tahun 1404 Hijriyah dan dimakamkan di Pondok Sepuh, di Jatipurwo VII/15 Kelurahan Ujung Kecamatan Semampir.