Komitmen Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Nasrani dalam Perjanjian Najran

 
Komitmen Nabi Muhammad SAW untuk Kaum Nasrani dalam Perjanjian Najran
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Perjanjian Najran berisi tentang komitmen dalam menjaga persaudaraan yang telah disepakati antara Nabi Muhammad SAW dan pendeta Nasrani. Hadis yang memuat keterangan ini diyakni terbuti autentik dan telah teruji kebenarannya. 

Dari perjanjian ini, kita akan tahu bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan setia akan melindungi umat Kristiani beserta rumah ibadahnya (gereja). Janji itu dinyatakan kepada umat Kristiani dari Najran, wilayah di Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman.

Menurut Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. sebagaimana dikutip dari laman resmi quraishshihab.com, bahwa melalui janji itu, kita diajak untuk merenungi segala yang dinyatakan oleh Nabi Muhammad SAW tentang umat Nasrani dan gerejanya. Berangkatr dari perjanjian tersebut, umat Islam harus memahami dengan baik bahwa komitmen Nabi Muhammad yang tertulis dalam perjanjian Najran itu tidak semata hanya berlaku untuk umat Nasrani Najran, melainkan untuk kaum Nasrani di manapun berada dan berlaku di sepanjang masa. Jadi ini menjadi rujukan bagi kita untuk senantiasa menjaga apa yang dulu pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam perjanjia tersebut.

Dalam perjanjian Najran tersebut dinyatakan bahwa semua penganut agama Nasrani di seluruh dunia, di manapun berada akan dalam perlindungan Allah dan pembelaan Muhammad Rasulullah. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam perjanjian tersebut, yang kemudian ditulis ulang...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni