Keren, Mahasiswa UNS Solo Bikin Aplikasi Tuker Sampah

 
Keren, Mahasiswa UNS Solo Bikin Aplikasi Tuker Sampah

LADUNI.ID, Solo - Dalam rangka menjawab problematika sampah di Indonesia yang belum terkelola dengan baik, Kontingen mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo merancang sebuah aplikasi Tuker Sampah yang berbasis Android.

Aplikasi ini dikompetisikan pada ajang Advanced Innovation Jam (AI-JAM) Japan 2019, di Accenture Innovation Hub Tokyo, Minggu (8/12) beberapa pekan lalu. Mereka mempresentasikan aplikasi Tuker Sampah yang mereka ciptakan. Berkat karya ini, mereka meraih medali perunggu dalam ajang tersebut.

“Tujuan aplikasi ini untuk mengolah sampah sehingga tidak menjadi residu. Jadi, kami ingin ada mekanisme yang bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang berharga,” ungkap salah seorang dari kontingen, Nur Hijrah, seperti dikutip Laduni.id dari laman solopos.com, Sabtu (28/12).

Dia menambahkan, secara garis besar aplikasi ini mengitegrasikan kegiatan-kegiatan penanganan sampah yang selama ini sudah berjalan di masyarakat. Dalam aplikasi tersebut melibatkan tiga komponen utama, yakni penyetor sampah, penampung sampah, dan tempat penukaran poin sampah.

Alurnya, para pengguna aplikasi meyerahkan sampah ke tempat pengumpul sampah. Dari setiap sampah yang mereka kumpulkan, pengguna aplikasi akan mendapatkan poin sesuai jumlah dan jenis sampah yang diserahkan.

Poin tersebut nantinya dapat ditukarkan dengan barang-barang atau pelayanan tertentu oleh lembaga khusus yang punya...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni