Ustadz Ma’ruf Khozin: Doa Setelah Shalat Jenazah

 
Ustadz Ma’ruf Khozin: Doa Setelah Shalat Jenazah

Oleh USTADZ MA’RUF KHOZIN

LADUNI.ID, Jakarta - Kemarin di kolom komentar Rektor yang terkenal di liga India, Gus Rijal Mumazziq Zionis ada yang menanyakan hukum berdoa setelah shalat jenazah, adakah tuntunannya?

Mari perhatikan Atsar / riwayat Sahabat berikut:

ﻋَﻦِ اﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻣُﻠَﻴْﻜَﺔَ ﻗَﺎﻝَ: ﺳَﻤِﻌْﺖُ اﺑْﻦَ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﻳَﻘُﻮﻝُ: ﻭُﺿِﻊَ ﻋُﻤَﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﺮِﻳﺮِﻩِ، اﻛْﺘَﻨَﻔَﻪُ اﻟﻨَّﺎﺱُ ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﻳَﺪْﻋُﻮﻥَ ﻗَﺒْﻞَ ﻳُﺮْﻓَﻊُ، ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻓِﻴﻬِﻢْ، ﻓَﻠَﻢْ ﻳﺮﻋﻨﻲ ﺇِﻻَّ ﺭَﺟُﻞٌ ﻗَﺪْ ﺃَﺧَﺬَ ﻣَﻨْﻜِﺒَﻲَّ ﻣِﻦْ ﻭَﺭَاﺋِﻲ، ﻓَﺎﻟْﺘَﻔَﺖُّ ﺇِﻟَﻰ ﻋَﻠِﻲٍّ ﻳَﺘَﺮَﺣَّﻢُ ﻋَﻠَﻰ ﻋُﻤَﺮَ

Ibnu Abi Mulaikah mendengar bahwa Ibnu Abbas berkata: "Ketika Umar diletakkan di atas keranda maka orang-orang berkumpul menyalatkan Umar dan mendoakan Umar sebelum diangkat, dan saya diantara mereka. Maka tidak ada yang membuatku terkejut kecuali seseorang yang memegang pundak ku dari belakang, aku menoleh kepada Ali bin Abi Thalib, ia sedang mendoakan rahmat untuk Umar (Riwayat Al-Baihaqi).

Riwayat ini juga termaktub dalam Sahih Muslim dan Ibnu Majah.

Mungkin bagi Syekh Bin Baz yang tidak ditemukan dalil adalah riwayat dari Nabi shalallahu alaihi wasallam. Namun bagi kita perbuatan Sahabat boleh kita amalkan.

Akan tetapi kita tidak pernah menyalahkan saat ada Umat Islam selesai menyalatkan jenazah langsung kembali dan tidak menambahkan doa. Sama persis saat kita shalat jenazah di Makkah dan Madinah.

Saya doakan Anda semua semoga dimudahkan perjalanan haji dan umroh ke Makkah dan ziarah ke Makam Nabi shalallahu alaihi wasallam di Madinah. Dan semoga yang berangkat dulu adalah saya dan keluarga. Amin.


*) Tulisan ini dikutip langsung dari akun pribadi Ustadz Ma’ruf Khozin di Facebook

_______________________________________________________________________
Aktifkan Nada Sambung Pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "DZIKIR SOLUSI MUSIBAH"

Dengan cara kirim SMS: DSMUC kirim ke 1212
Tarif Rp. 3.850 / 7 hari