Ekosistem, Unsur Lingkungan Hidup yang Saling Memengaruhi

 
Ekosistem, Unsur Lingkungan Hidup yang Saling Memengaruhi

foto: Ilustrasi

LADUNI.ID, Jakarta - Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Berikut Satuan- satuan Ekosistem

Setiap organisme hidup dan berkembang biak disebut habitat. Di dalam habitatnya, organisme senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya. Kesatuan interaksi antara organisme dan lingkungan disebut ekosistem. Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi.

1. individu
Kata individu berasal dari bahasa latin individuum yang berarti tidak dapat dibagi. Misalnya seekor monyet dan seekor nyamuk.

2. Populasi
Populasi merupakan sejumlah individu sejenis yang menetap di suatu daerah pada waktu tertentu.

3. Komunitas
Komunitas merupakan seluruh populasi yang hidup bersama dalam suatu daerah. Populasi rumput, serangga, harimau, dan kijang dalam suatu daerah padang rumput membentuk suatu komunitas.

4. Biosfer
Biosfer merupakan kumpulan ekosistem yang terdapat di bumi. Biosfer merupakan lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk hidup.

Apa Saja Komponen ekosistem

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN