Iptek dan Pendidikan Karakter untuk Lebih Semiliar Anak Bangsanya

 
Iptek dan Pendidikan Karakter untuk Lebih Semiliar Anak Bangsanya

LADUNI.ID, Jakarta - Memenuhi undangan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Shandong, berangkatlah saya ke China Rabu (8/1)- Sabtu (11/1). Berangkat via Incheon, Korsel menuju ke Qingdao, Weihai, dan Jinan.

Di Qingdao kami bertemu dengan yang mengundang, yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Shandong. Kami berdiskusi dengan kemungkinan kerjasama. Juga kami tanda tangan kerjasama MoU dengan  Shandong Foreign Trade Vocational College.

Sebuah kampus akademi komunitas yang hebat dan mendidik pengetahuan aplikatif, praktis,  dan teknis dengan jumlah 64 prodi. Sekolah yang mendidik calon wirausaha,  pekerja profesional, dan tenaga ahli madya.

Selain ke kolej vokasional, kami diajak berkunjung ke University of Jillin. Berkunjung ke Qingdao Automobile Research Institute. Suatu pusat riset unggulan mobil listrik. Termasuk desain dan prototipe mesin baru yang masih belum diluncurkan.

Jumat pagi (10/1) pukul 06.00, kami meluncur dari kota Qingdao menuju ke kota Jinan. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Shandong mengundang 5 pimpinan PT, yaitu : University of Jinan, Shandong University of Chinese, Shandong University of Science & Technology, dan Shandong University of Economics & Finance.

Diskusi dipimpin oleh Direktur Kerjasama International, Dinas Provinsi, Ibu Lu. Di China PT itu satker di bawah Dinas Pendidikan Provinsi. Itu sebabnya mengapa Kepala Dinas lebih powerful dan bisa memanggil rektor.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN