Pesantren Daarul Muttaqien Surabaya

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD4 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Daarul Muttaqien Surabaya

Profil

Ponpes Darul Muttaqien, Surabaya barangkali pesantren paling bontot yang pernah ada di Jawa Timur. Sejak 16 Juni 2002, Kota Surabaya memiliki pondok pesantren (ponpes) baru, yakni Darul Muttaqien. Ponpes yang terletak di Jl. Candi Lontar ini, berbeda dengan pesantren lama yang lebih kental dengan sistem salafiyahnya. Ponpes Darul Muttaqien memilih terobosan baru. Menggabungkan dua wajah, menerapkan sistem pendidikan umum dan modern. Ponpes Darul Muttaqien ini dipimpin oleh KH Achmad Shofwan Lc.

Kiai Shofwan mengatakan, para santri Darul Muttaqien akan dibekali pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan masalah kemandirian. Ini guna menciptakan lapangan kerja. Selain yang lebih utama santri ditanamkan akhlak mulia, berbuat adil, toleran (tasamuh), serasi (tawazun) dan terhindar dari sifat ekstrim (tathorruf) dalam mengabdikan diri kepada agama, masyarakat, nusa dan bangsa.

Sedangkan tujuan khusus pendidikan mendorong para santri mampu berbahasa Arab dengan baik dan benar, sebagai alat untuk mengkaji ilmu Islam. Sehingga bisa membaca dan memahami Al Quran, sunnah, kitab kuning, berakhlakul karimah dan terampil dalam urusan duniawi-ukhrowi.

Ponpes Darul Muttaqien memiliki beragam fasilitas masing-masing mushala, asrama putri berlantai III mampu menampung 500 santri, gedung sekolah, balai kesehatan, koperasi, kantor, laboratorium bahasa, komputer, perpustakaan, kantin, guest house untuk wali santri, agrobisnis, sarana olahraga dan lainnya.

Sedangkan program sekolah yang ditawarkan adalah kajian kitab agama Islam dalam bentuk pondok pesantren terpadu, taman pendidikan Alquran, pendidikan formal seperti play group/TK, SD, SLTP/MTsN, SMU/MA (full day school) dan perguruan tinggi.

Selain itu, terdapat pembinaan dan pengembangan bahasa Arab dan Inggris, wiraswasta, majelis ta'lim, dakwah Islamiyah, seminar, kursus, perbankan (Bank Muamalat Islam), manajemen, wiraswasta dan lainnya.

Yayasan Ponoes ini independen tidak berada di bawah satu golongan tertentu, melainkan dia atas semua golongan. Sehingga semua lapisan masyarakat bisa datang belajar di Darul Muttaqien.

Yayasan ini memakai pola perpaduan antara pesantren salaf dan modern. Ditambah keterampilan khusus pengembangan agrobisnis dan agroindustri.

Pondok pesantren ini juga berada di kawasan permukiman mewah di Surabaya Barat, seperti Darmo Satelit, Darmo Permai, dan Citra Land. Kecuali itu, cukup dekat dengan jantung kota Surabaya, dan transportasinya mudah dijangkau, karena berada di Jl. Raya Manukan Raya dan Candi Lontar, serta dekat terminal bemo Manukan.

Pengasuh

  1. KH Achmad Shofwan Lc

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. PAUD
  2. TK
  3. SD/MI
  4. MTs
  5. SMA 

Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho dan Ula
  2. Tahfidzul Qur'an
  3. Sorogan Kitab

Ekstrakurikuler

  1. Kitab Kuning
  2. Bahtsu Masa'il
  3. Pidato
  4. Seni Kaligrafi
  5. Seni Hadroh
  6. Seni Tilawah Qur'an
  7. Khitobiyah
  8. Pembacan Maulid & Sholawat Majelis Sholawat Kubro
  9. Jam'iyyah Santri
  10. Pramuka
  11. Sepakbola
  12. Basket
  13. Volly Ball 
  14. Badminton.
  15. Paskibra
  16. PMR
     

 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin
  16. Ruang Praktekum Ketrampilan: Menjahit, Bengkel, Komputer, Konveksi

 


 




Alamat

Jalan Manukan Tama, 201-203, Lontar, Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur

Telepon:  (031) 7401213

Kode Pos: 60185

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.