Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam Mbah Manshur Popongan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam Mbah Manshur Popongan

Sekilas Biografi

KH Muhammad Manshur, adalah pendiri Pondok Pesantren Popongan, Dusun Popongan, Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten. Kiai Manshur adalah putera Syaikh Muhammad Abdul Hadi Giri Kusumo, seorang mursyid Tarekat Naqsyabandiyah-Khalidiyah di Giri Kusumo Mranggen Demak.

Mbah Manshur belajar agama kepada orang tuanya sendiri, yaitu Syaikh Muhammad Hadi Girikusumo. Ketika remaja, ia belajar Islam dan nyantri di Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta yang diasuh oleh Kiai Idris, sebuah pesantren tua yang pendiriannya dipelopori oleh Kraton Kasunanan Surakarta.

Kedatangan Mbah Manshur di Popongan bermula ketika Manshur muda di ambil menantu oleh seorang petani kaya di Popongan yang bernama Haji Fadlil. Manshur muda dinikahkan dengan Nyai Maryam (Nyai Kamilah) binti Fadlil pada tahun 1918. Pondok Pesantren Popongan resmi didirikan oleh Mbah Manshur pada tahun 1926, pada tahun yang sama, Mbah Manshur membangun Masjid Popongan.

Mbah Manshur wafat tahun 1955. Setiap tahun Pondok Pesantren Al-Manshur Popongan dan Bani Manshur mengadakan acara haul yang dihadiri oleh ribuan orang. 


Lokasi Makam

Mbah Manshur dimakamkan di pemakaman keluarga (Keluarga Besar Bani Manshur) di Dusun Popongan Desa Tegalgondo Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten.