Biografi KH. Anwar Zahid

 
Biografi KH. Anwar Zahid

Riwayat dan Kelahiran

KH. Anwar Zahid (lahir : Bojonegoro, 11 Maret 1974) adalah seorang da'i / penceramah kondang kawilang asal Bojonegoro yang berhaluan Islam Ahlussunah wal Jama'ah an Nahdliyyah,  Beliau juga pengasuh Pondok Pesantren Sabilun Jannah yang menggratiskan biaya sehari-hari untuk para santrinya.

Beliau lahir dan tinggal hingga saat ini di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Tiap harinya beliau harus mengisi 3-4 jadwal pengajian di berbagai daerah, biasanya adalah pada waktu pagi, sore, dan malam, bahkan hingga pukul 1 dini hari, karena jadwal yang masuk dari permintaan para jamaah tiap hari juga tidak ada henti-hentinya, selalu ada jadwal yang terus mengalir sampai-sampai jadwal beliau selalu penuh hingga 2 tahun kedepannya. Maka bagi Anda yang ingin mengundang beliau untuk pengajian pasti akan mengantri selama dua tahun lagi untuk mendapat jadwal.

Masa Pendidikan

Menjelang masuk masa SMP pada tahun 1988 beliau melanjutkan studinya dengan belajar nyantri di sebuah pondok pesantren. Ponpes tersebut sangat terkenal mencetak generasi islami di Jawa Timur yaitu Ponpes Langitan dibawah asuhan Romo Kyai Abdullah Faqih. Pada masa-masa di Pondok Pesantren Langitan  itulah Profil Dan Biodata KH. Anwar Zahid memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mempelajari agama dengan begitu baik dan juga mendalam. Selain mendalami ilmu agama beliau juga dilatih dengan metode-metode dakwah yang mumpuni sehingga disinilah  bakat-bakat beliau dalam berdakwah dan menyiarkan agama Islam mulai terasah dengan baik. 

Setelah restu dan juga doa dari Romo Kyai Abdullah Faqih diperoleh berangkatlah KH. Anwar Zahid menuju pesantren “APTQ” Sampurnan Bungah Gresik. Pada pesantren itu KH. Anwar Zahid ingin memperdalam ilmu dalam bidang Al-Quran dan juga hafalannya. Di pondok pesantren ini Profil Dan Biodata KH. Anwar Zahid di gembleng dengan pemahaman akan Al Quran secara mendalam baik dari segi pelafalan tafsir dan juga hafalan Al-quran.

Berkat gemblengan dari Pondok Pesantren Langitan dan juga Pondok Pesntren APTQ Sampurnaan Bungah Gresik saat ini beliau mampu dengan baik menjalankan misi dakwah dan juga keumatan.

Aktivitas Dakwah KH. Anwar Zahid

Hal ini terjadi lantaran cara ceramah beliau yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat, bahasa yang beliau gunakan selalu mengena di hati jamaah dan selalu diiringi humor-humor yang bermakna, beliau selalu menyindir perilaku-perilaku dan sifat seseorang yang biasa terjadi didalam sebuah masyarakat, sehingga para jamaah pun hanya bisa tertawa dan menyadari akan kebenaran dari apa yang beliau sampaikan, sehingga apa yang menjadi pokok inti ceramah secara tidak sadar sudah diterima oleh masyarakat melalui humor-humor tersebut.

Adapun video-video cuplikan pengajian beliau telah banyak tersebar dan terekspos di media sosial, salah satunya di YouTube dan Instagram, walaupun beliau jarang muncul di layar TV, namun jadwal-jadwal bahkan pamflet-pamflet pengajian beliau selalu tersebar luas di berbagai daerah, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Selain mengisi pengajian di Jawa, beliau juga sering mengisi pengajian rutin di mancanegara, seperti HongKong, Korea Selatan, Malaysia. Hampir tiap bulan beliau selalu mengisi jadwal disana. Dan selain itu juga, terdapat pengajian rutinan di kediaman beliau tiap Minggu Kliwon yang diberi nama Jamaah Maqoman Mahmudah.

Mendirikan Pesantren

Beliau juga memiliki Yayasan Pondok yang berada tepat disamping kediaman beliau, bernama Yayasan Pondok Pesantren Sabilun Najah, terdapat jenjang pendidikan MTs dan MA di pondok beliau, bagi santri-santriwati yang ingin mengemban ilmu disini, seluruh biaya sehari-hari ditanggung penuh oleh pihak pondok alias gratis, namun biaya pendaftaran dan finansial masih ditanggung oleh masing-masing pendaftar / calon peserta didik.

 

Sumber: Dari Berbagai Sumber