Biografi KH. Anwar Zahid

 
Biografi KH. Anwar Zahid
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

  1. Kelahiran
  2. Pendidikan
  3. Mendirikan Pesantren
  4. Aktivitas Dakwah KH. Anwar Zahid
  5. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Anwar Zahid lahir pada 11 Maret 1974 di di Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pendidikan

KH. Anwar Zahid memulai pendidikannya dengan belajar di SD, SMP di lingkungan rumahnya. Pada tahun 1988, beliau melanjutkan studinya dengan belajar nyantri di Pondok Pesantren Langitan dibawah asuhan Romo KH. Abdullah Faqih.

Pada masa-masa di Pondok Pesantren Langitan itulah KH. Anwar Zahid memanfaatkan waktu untuk mempelajari agama dengan begitu baik dan juga mendalam. Selain mendalami ilmu agama beliau juga dilatih dengan metode-metode dakwah yang mumpuni sehingga disinilah  bakat-bakat beliau dalam berdakwah dan menyiarkan agama Islam mulai terasah dengan baik.

Setelah restu dan juga doa dari Romo KH. Abdullah Faqih diperoleh berangkatlah KH. Anwar Zahid menuju pesantren “APTQ” Sampurnan Bungah Gresik. Pada pesantren itu KH. Anwar Zahid ingin memperdalam ilmu dalam bidang al-Quran dan juga hafalannya. Di pondok pesantren ini KH. Anwar Zahid di gembleng dengan pemahaman akan al-Quran secara mendalam baik dari segi pelafalan tafsir dan juga hafalan al-Quran.

Berkat gemblengan dari Pondok Pesantren Langitan dan juga Pondok Pesantren APTQ Sampurnaan Bungah Gresik saat ini beliau mampu dengan baik menjalankan misi dakwah dan juga keumatan.

Mendirikan Pesantren

KH. Anwar Zahid memiliki Yayasan Pondok yang berada tepat disamping kediaman beliau, bernama Yayasan Pondok Pesantren Sabilun Najah, terdapat jenjang pendidikan MTs dan MA di pondok beliau, bagi santri-santriwati yang ingin mengemban ilmu disini, seluruh biaya sehari-hari ditanggung penuh oleh pihak pondok alias gratis, namun biaya pendaftaran dan finansial masih ditanggung oleh masing-masing pendaftar atau calon peserta didik.

Aktivitas Dakwah KH. Anwar Zahid

KH. Anwar Zahid adalah seorang da'i penceramah kondang kawilang asal Bojonegoro yang berhaluan Islam Ahlussunah wal Jama'ah an Nahdliyyah.

Tiap harinya beliau harus mengisi 3-4 jadwal pengajian di berbagai daerah, biasanya adalah pada waktu pagi, sore, dan malam, bahkan hingga pukul 1 dini hari, karena jadwal yang masuk dari permintaan para jamaah tiap hari juga tidak ada henti-hentinya, selalu ada jadwal yang terus mengalir sampai-sampai jadwal beliau selalu penuh hingga 2 tahun ke depannya.

Hal ini terjadi lantaran cara ceramah beliau yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat, bahasa yang beliau gunakan selalu mengena di hati jamaah dan selalu diiringi humor-humor yang bermakna, beliau selalu menyindir perilaku-perilaku dan sifat seseorang yang biasa terjadi didalam sebuah masyarakat, sehingga para jamaah pun hanya bisa tertawa dan menyadari akan kebenaran dari apa yang beliau sampaikan, sehingga apa yang menjadi pokok inti ceramah secara tidak sadar sudah diterima oleh masyarakat melalui humor-humor tersebut.

Adapun video-video cuplikan pengajian beliau telah banyak tersebar dan terekspos di media sosial, salah satunya di YouTube dan Instagram, walaupun beliau jarang muncul di layar TV, namun jadwal-jadwal bahkan pamflet-pamflet pengajian beliau selalu tersebar luas di berbagai daerah, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Selain mengisi pengajian di Jawa, beliau juga sering mengisi pengajian rutin di mancanegara, seperti Hongkong, Korea Selatan, Malaysia. Hampir tiap bulan beliau selalu mengisi jadwal disana. Dan selain itu juga, terdapat pengajian rutinan di kediaman beliau tiap Minggu Kliwon yang diberi nama Jamaah Maqoman Mahmudah.

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Anwar Zahid dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 24 Oktober 2020, dan terakhir diedit tanggal 02 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya