Panduan Bacaan Bilal Shalat Tarawih

 
Panduan Bacaan Bilal Shalat Tarawih

LADUNI.ID, Jakarta - Bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan menghampiri kita tidak sama dengan Ramadhan sebelum-sebelumnnya, masjid-masjid ramai dengan shalat Tarawih, Shalat berjamaah dan ibadah-badah lainnya, karena virus Corona memaksa tempat ibadah untuk di tutup, termasuk masjid.
Shalat berjamaah yang lebih utama, kini dilarang dengan alasan kesehatan dan keselamatan jamaah, bukan cuma di Indonesia, namun penutupan ini berlaku juga di seluruh dunia.

Adanya pembatasan sosial ini sehingga membuat semua kegiatan dilakukan di rumah termasuk ibadah shalat. Bulan Ramadhan yang biasanya diisi dengan shalat Tarawih berjamaah di masjid, kali ini dianjurkan untuk shalat di rumah berjamaah dengan keluarga.

Sholat tarawih atau disebut qiyamu Ramadhan, hukumnya sunat mu’akkad, bisa dikerjakan sendiri bisa juga secara berjamaah. Pada shalat Tarawih lazimnya ada bilal yang bertugas untuk membaca shalawat dan taradhdhi sebagai penanda hitungan rakaat yang telah dicapai jamaah shalat tarawih.

Berikut ini adalah susunan shalawat dan taradhdhi yang umum kita temukan praktiknya di masjid-masjid atau mushala-mushala di Tanah Air.