Keagungan Bulan Ramadan

 
Keagungan Bulan Ramadan

LADUNI.ID, Jakarta - Diriwayatkan dari sahabat Salman Al-Farisi r.a: Rasulullah ﷺ berkhutbah di hari terakhir bulan sya'ban, beliau berkata:

"Wahai manusia, bulan yang agung telah mendatangi kalian. Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari 1. 000 bulan. Allah ﷻ menjadikan puasa pada siang harinya sebagai sebuah kewajiban, dan menghidupkan malamnya sebagai ibadah sunnah.

Barangsiapa pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah ﷻ dengan satu kebaikan,  maka dia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan yang lain. 
Barangsiapa mengerjakan satu perbuatan wajib (pada bulan ini), maka ia seolah-olah mengerjakan 70 kebaikan di bulan yang lain.

Ramadhan adalah bulan kesabaran, sedangkan kesabaran itu balasannya adalah surga. Ramadhan juga bulan tolong-menolong.  Di dalamnya rezki seorang mukmin ditambah. Barangsiapa pada bulan Ramadhan memberikan hidangan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka baginya pahala memerdekakan budah dan dosa-dosanya akan diampuni." 

Kemudian para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah ﷺ, tidak semua dari kita memiliki makanan untuk diberikan kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah ﷺ berkata, “Allah ﷻ memberikan pahala tersebut kepada orang yang memberikan hidangan berbuka berupa satu teguk air atau sedikit susu, atau sebutir kirma.

Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka pada orang yang berpuasa, maka dosa-dosanya akan di ampuni, dan (kelak di hari kiamat) Allah ﷻ akan memberikannya minum dari telagaku, yg mana dia tidak akan pernah merasa haus setelahnya selamanya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN