Penuturan Abuya Uci Turtusi tentang Gus Dur dan Habib Luthfi

 
Penuturan Abuya Uci Turtusi tentang Gus Dur dan Habib Luthfi

LADUNI.ID, Jakarta - KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan Habib Luthfi bin Yahya adalah sahabat sejati, sejak lama sudah saling mengenal. Bahkan kakek keduanya adalah para tonggak berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).

Sebelum berdirinya NU, Mbah Hasyim Asy'ari sowan dulu ke Habib Hasyim bin Yahya untuk meminta izin. Berikut adalah cerita tentang sang cucu Pendiri NU tersebut, yakni Gus Dur dan Habib Luthfi, yang diceritakan oleh Abuya Uci Turutusi.

1. Tentang Gus Dur

“Gus Dur” itulah salah satu nama yang seringkali disebut oleh Abuya Uci Turtusi Cilongok Tangerang Banten, ketika membicarakan esensi Islam. Pernyataan Gus Dur memang seringkali menimbulkan kontroversial, tapi hampir semua ucapannya menjadi sebuah kenyataan. Itulah cucu dari seorang pendiri Nahdlatul Ulama.

Di sini Abuya Uci Turtusi menceritakan beberapa keistimewaan-keistimewaan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Satu hal yang perlu diketahui, Abuya Uci Turtusi adalah seorang tokoh yang sangat alim, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah Pasar Kemis Tangerang. Beliau juga terlihat sangat mahabbah kepada KH. Abdurrahman Wahid.

2. Tentang Habib Luthfi

Sedikit keanehan Habib Luthfi bin Yahya. Beliau ini tidak pernah tidur malam sekitar 20 tahun. Dan beliau pernah pergi dari Jakarta ke Pekalongon hanya dalam waktu satu jam. Supir pun bingung sedangkan jarak tempuh dari Jakarta ke Pekalongan sangat jauh.

Beliau ini jika ingin pergi ke sesuatu tempat minta izinnya bukan kepada keluarga ataupun sahabatnya, melainkan kepada Allah Swt. Suatu kejadian Habib Luthfi ingin berkunjung ke Mesir dengan sahabatnya yaitu Abuya Uci Turtusi sendiri. Urusan travel sudah beres setengah bulan sebelum keberangkatan. Namun, ketika ingin berangkat tiba-tiba Habib Luthfi bergegas untuk membatalkan kunjungan tersebut sedangkan travel sudah siap. Lantas tanya Abuya Uci: "Bib kenapa tidak jadi?"

"Tidak diizini sama Allah," jawab Habib Luthfi.

Suatu kejadian lagi Habib Luthfi rencanya tahun ini ingin umroh, dan tiba-tiba membatalkan niat tersebut. "Bib kenapa tidak jadi?" tanya Abuya Uci. "Allah belum mengizinkan tahun ini, saya tidak umroh dulu," jawab Habib Luthfi.