Sayyid R Fadludin Jalalain, Pangeran Banten Penyebar Islam di Kota Malang

 
Sayyid R Fadludin Jalalain, Pangeran Banten Penyebar Islam di Kota Malang

LADUNI.ID, Jakarta - Penyebaran Islam di wilayah Malang dan sekitarnya tentu merupaan bagian dari Islamisasi Indonesia ini. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Syekh Fadludin Jalalain atau lebih dikenal dengan Mbah Muhammad adalah salah seorang ulama besar pada jamannya yang turut berjasa menyebarkan dakwah Islam di Malang Raya. Namun, banyak masyarakat Malang yang belum mengetahui apalagi mengenal sosok beliau.

Mbah Muhammad berasal dari tanah Banten yang menyebarkan agama Islam di di daerah malang dan sekitarnya atas perintah dari kakak kandungnya yaitu Pangeran Muhammad Thohir Tasmiddin atau Kyai Muchtar.Mbah Muhammad memiliki garis keturunan dari raja-raja di Banten.

Satu-satunya peninggalan beliau dan saksi bisu perjuangannya adalah makam beliau yang berada di depan mihrab Masjid Al Mukarromah, Kasin Kota Malang.

Setiap harinya makam itu tidak pernah sepi dari kunjungan para peziarah, baik dari Malang raya maupun luar kota Malang, apalagi jika hari Kamis malam Jum'at para peziarah bahan harus mengantri saat akan mendekat ke makamnya. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, warga Kasin dan sekitarnya rutin mengadakan haulnya setiap tahun yang biasanya dilaksanakan setiap Minggu ke tiga bulan Robi'utsani atau bakdho mulud.

Syeikh Fadlluddin (Mbah Muhammad Djalalain), nama aslinya adalah Pangeran Fadlluddin as Syeikh Muhammad Djalalain, bin Sultan Hajji Abun Nasri Abdul Qohar Maulana Manshur Ruddin Banten, bin Sultan Agung Abul Fatih Abul Fatah, Tirtayasa Banten, bin Sultan Abul Maa'ali Achmad Kanari, bin Sultan Abul Mafakhir Mahmud Abdul Qodier, bin Muhammad Asiruddin Pangeran Ratu Banten, bin Sultan Maulana Yusuf, Sultan Hasanuddin Banten, bin Syarief Hidayatullah, Sunan Gunung Jati, Cirebon.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN