RMI Kudus: Meme di Medsos 1000 Santri Pingsan Usai Jalani Rapid Test, Hoaks!

 
RMI Kudus: Meme di Medsos 1000 Santri Pingsan Usai Jalani Rapid Test, Hoaks!

LADUNI.ID, Kudus - Beredar meme di media sosial (medsos) yang berisi keterangan bahwa lebih dari 1.000 santri pingsan usai menjalani rapid test di Kudus. Meme dengan mencatut logo salah satu media online dengan kolase foto orang pingsan dan prosesi rapid test.

Atas persoalan tersebut Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PCNU Kabupaten Kudus menyatakan bahwa kabar tersebut hoaks.

Sekretaris RMI PCNU Kabupaten Kudus Gus Khifni Nasif menyatakan kabar yang beredar di media sosial berlabel CNN Indonesia itu tidak benar. Menurut dia, di laman CNN Indonesia tidak ditemukan terkait berita tersebut.

"Fakta aslinya di lapangan RMI sendiri sudah memastikan rapid test untuk santri di Kudus berjalan aman dan lancar," ujar Gus Khifni seperti keterangan yang diterima laduni.id, Sabtu (4/7/20).

Ia menegaskan rapid test berjalan lancar tak satupun ditemui kendala.

“Mengenai rapid test santri memang ada, yang difasilitasi oleh Pemkab Kudus dan hasilnya aman-aman saja, tidak seperti kabar liar yang beredar. Meme itu hoaks yang beredar di media sosial,” lanjut Gus Khifni

Lebih lanjut dia menjelaskan, rapid test di Pendopo Kabupaten Kudus itu merupakan hasil kerjasama dari himpunan alumni-alumni pesantren, RMI dan Pemkab untuk memastikan santri bisa kembali ke pondok dalam kondisi baik.

“Gelombang pertama kemarin untuk persiapan pemberangkatan santri ke API Tegalrejo. Alhamdulillah aman,” terangnya.

Lebih dalam Gus Khifni juga menjelaskan RMI Kudus akan menginformasikan pemberangkatan gelombang kedua pada Sabtu malam (04/07/2020) untuk para santri yang mondok di pesantren Jawa Timur, seperti Kediri dan kota lainnya.

“Ada sekitar 100 santri yang diberangkatkan dari terminal wisata Kudus nanti malam,” imbuh dia. (rls)