Pesantren Darul Muqorrobin Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Darul Muqorrobin Kendal

Profil

Keberadaan Ponpes Darul Muqorrobin merupakan cita-cita besar Habib Masyhur sejak tahun 1980. Beliau merupakan satu-satunya putra Habib Muhammad seorang pedagang kitab yang besar pada zamannya di Kaliwungu. Sehingga menjadi rujukan pesantren-pesantren di kota Kendal untuk membeli kitab di toko tersebut.  Habib Masyhur sejak muda sudah memiliki cita-cita untuk khidmah di bidang Pendidikan.

Pada tahun 1980 beliau mengirimkan salah satu putranya untuk mengemban ilmu agama( Tafaqquh Fiddin) dengan harapan sang putra dapat meneruskan cita-cita untuk khidmah di dunia Pendidikan khususnya pesantren.Sehingga dikirimkan salah satu putra beliau  yaitu Habib Muhammad Firdaus  ke Ponpes Mualimin Yogyakarta selama 6 tahun. Setelah selesai menimba ilmu di Ponpes Mualimin, Beliau melanjutkan Pendidikan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta selama 3 tahun.

Seiring berjalannya waktu cita-cita Habib Masyhur mulai mengerucut. Beliau mulai mendirikan majlis-majlis ilmu yakni mendirikan majlis pendidikan dan sosial yaitu majlis Al-Muqorrobin. Dari majlis inilah mulai berkhidmah dengan santunan yatim piatu. Selain itu didirikan juga Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al-Asyimi dengan panduan Qiro’ati. Selain itu para khufadz juga dikumpulkan untuk tadarus setiap minggunya di kediaman beliau.
Majlis Al-Muqorrobin sudah banyak berkhidmah dimasyarakat dan memberikan banyak kontribusi setelah terbentuknya pada tahun 1980.

Kemudian didirikanlah Ponpes Darul Muqorrobin  pada tahun 2010. Yang bertujuan ikut berperan dalam membangun peradaban bangsa Indonesia melalui pendidikan agama yang bermanhaj Ahlussunnah Waljamaah. Awal terbentuknya ponpes Darbin ada10 santri yatama, dhuafa dan masakin. Mereka diberikan beasiswa untuk mondok di Ponpes Darul Muqorrobin  yang mula-mula bertempat di rumah jiddah Maryam. Disitulah mereka belajar, berkumpul dan melakukan banyak aktivitas.

Pada tahun 2013 terbentuklah Lembaga Pendidikan Yayasan Ponpes Darul Muqorrobin yang beralamat di jalan Kyai Tulus nomor 99 Sijeruk Kendal. Akhirnya para santri di relokasi ke tempat yang baru setelah sebelumnya menenpati kediaman Jiddah Maryam. Lambat laun manajemen Pendidikan di Yayasan Ponpes Darul Muqorrobin menganut sistem Ponpes Salaf-Modern.

Dengan program Pendidikan 6 tahun disertai program unggulan.Madrasah diniyah dan Pendidikan formal terdiri dari SMP dan MA ditempuh selama 6 tahun. SMP Darul Muqorrobin didirikan pada tahun 2014 sedangkan Madrasah Aliyah (MA) pada tahun 2016. Pada saat pembukaan SMP, ada 28 siswa yang bergabung. Tahun berikutnya Ponpes Darbin selalu melakukan perbaikan baik secara sistem Pendidikan maupun  fasilitas  untuk menunjang kualitas Pondok Pesantren.Sehingga jumlah santri dari ketahun-ketahun selalu mengalami kenaikan yang signifikan.

Alhamdulilah sejak berdiri sampai sekarang Ponpes Darbin selalu melakukan pembangunan-pembangunan. Pada tahun 2010 memiliki tanah seluas 5200m2. Sepuluh tahun kemudian sudah memiliki tanah seluas 2700m2. Dan kini total luas tanah yang dimiliki Ponpes Darul Muqorrobin dari tahun 2010 sampai 2021 mencapai 1hektar.
Pendiri
Habib Mayhoer Al Munawar

Pengasuh
Habib Muhammad Firdaus al-Munawwar

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. SMP
2. SMA

Pendidikan Non formal
1. Tahfidz Al-Qur'an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren Darul Muqorrobin memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, di antaranya:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Pramuka
4. Marching Band
5. KIS (Karya Ilmiah Santri)
6. Design Grafis
7. Paskibra
8. Sablon
9. Kaligrafi
10. Seni Tilawah
11. Hadrah
12. Jurnalistik
13. Khitobah 3 Bahasa
14. Futsal
15. Voli
16. Berkuda


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Darul Muqorrobin



Para siswa SMA sedang praktek Komputer di pesantren Darul Muqorrobin

Fasilitas

Pesantren Darul Muqorrobin memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Ruang Belajar
5. Lapangan Olahraga Serbaguna
6. Perpustakaan
7. Minimarket Darbin Mart
8. Kantin 
9. Laundri
10. Laboratorium Komputer
11. Pos Satpam

 


Masjid di pesantren Darul Muqorrobin


Gedung sekolah di pesantren Darul Muqorrobin

Alamat

Jalan Kyai Tulus 99 Sijeruk Kendal Jawa Tengah
Kode Pos : 51315
Telepon    : 0822-4191-3633
Email       : 
ppdarulmuqorrobin@gmail.com

 

KUNJUNGI JUGA



Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.