Meluruskan Narasi Palestina Hilang dari Google Maps

 
Meluruskan Narasi Palestina Hilang dari Google Maps

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa hari ini, publik diramaikan oleh topik tentang negara Palestina hilang dari Google Maps. Tidak sedikit masyarakat (terutama yang ada di dunia maya) meributkan dan menyalahkan Google karena tidak mencantumkan Palestina di Google Maps. Bahkan, tagar #savePalestina juga sempat menjadi trending twitter.

Memang, jika sekarang kita mencari di Google Maps ataupun Apple Maps dengan mengetik kata “Palestina” maka tidak akan muncul. Hal ini wajar, sebab sedari awal kedua perusahaan raksasa itu memang tidak pernah memberikan label “Palestina” pada mesin pencarian mereka, jadi dua perusahaan itu memang tidak pernah membuat label itu.

Selain itu, Apple dan Google juga telah mengklarifikasi bahwa lebel Jalur Gaza dan Tepi Barat yang sebelumnya telah diletakkan di wilayah itu juga hilang karena ada bug, tetapi mereka menjelaskan akan segera memperbaikinya.

Sedangkan untuk label Palestina, meskipun sekitar 135 negara anggota PBB telah mengakui kedaulatan Palestina, namun wilayah territorial yang masih dalam masalah sengketa.inilah yang kemudian juga menjadi  alasan masuk akal kenapa Apple dan Google tidak pernah meletakkan Palestina dalam mesin pencarian mereka

Persoalannya sekarang, topik negara Palestina hilang dari Google Maps telah membuat kemarahan besar di dunia maya setelah akun @astagfirollah menulis status di Instagram yang berbunyi, “Ini adalah tahun yang revolusioner, kami akan berjuang untuk perubahan yang dibutuhkan agar dapat membawa Palestina kembali ke peta.” (Sumber:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN