TK Nasima Semarang
Profil
Taman Kanak-kanak (TK) Nasima adalah lembaga pendidikan anak usia dini formal yang berdiri sejak tahun 1994. Yayasan Pendidikan Islam Nasima adalah penyelenggaranya. TK Nasima semula berada Kampus Sekolah Merah Putih I di Jalan Puspanjolo Selatan 53 Semarang, satu lingkungan dengan SD Nasima. Mulai Juli 2011, TK Nasima menempati lokasi baru, yaitu Kampus Sekolah Merah Putih III di Jalan Puspanjolo Tengah Raya 67-71 Semarang. Kampus baru yang indah, menarik, dan lebih lengkap itu menyambut anak-anak berusia emas mulai tahun pelajaran 2011/2012. Tidak hanya TK Nasima, Kelompok Bermain (KB) Nasima yang usianya lebih muda juga ikut menempati kampus baru itu. Menyusul berikutnya Day Care dan Toddler Nasima. Secara keseluruhan akhirnya disebut dengan singkatan DC-T-KB-TK Nasima.
Kurikulum
DC-T-KB-TK Nasima sejak awal berdiri telah menyusun dan mengembangkan kurikulum yang terintegrasi (integrated curricula). DC-T-KB-TK Nasima mengadopsi beberapa konsep pembelajaran dari para pakar pendidikan yang selama ini diacu oleh lembaga pendidikan nasional maupun dunia. Ki Hajar Dewantara, Montessori, Howard Gardner, dan banyak lagi yang lainnya, termasuk Kurikulum PAUD dari Kemendiknas dan Depag, menginspirasi KB-TK Nasima dalam menyusun kurikulum. Lebih prinsip lagi, DC-T-KB-TK Nasima juga meneladani metode pembelajaran yang diterapkan Rasulullah Muhammad SAW dalam mendidik anak-anak.
Kurikulum DC-T-KB-TK Nasima yang sudah disusun dan terus dikembangkan, mengintegrasikan 5 aspek. Lima aspek yang menjadi kekhasan Nasima itu terdiri dari:
1) Pendidikan agama dan akhlak al karimah
2) Penanaman wawasan kebangsaan atau nasionalisme
3) Penguasaan bahasa asing
4) Penguasan IT
5) Pengenalan lingkungan dan profesi.
Integrated curricula tersebut selanjutnya dijabarkan dalam tema-tema pembelajaran yang sistematik. Rutinitas harian, peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional. kunjungan pengenalan lingkungan, pengenalan profesi, pameran, pentas, dan sebagainya deprogram sebagai aplikasi kurikulum terintegrasi. Guna menerapkan kurikulum unggul dan terintegrasi tersebut, DC-T-KB-TK Nasima menggunakan metode pembelajaran aktif (active learning).
Metode active learning dengan integrated curricula diterapkan DC-T-KB-TK Nasima dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari setiap tema kegiatan secara aktif, dengan mempraktekkan konsep-konsep melalui konteks nyata atau pengalaman langsung, mengembangkan komunitas lokal dan global, serta kesempatan belajar di dalam dan luar kelas. Dengan keaktifannya, siswa mendapatkan pengetahuan secara utuh dan berkaitan satu sama lain serta dapat melatih kemampuan berpikir dari tingkat sederhana sampai tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN
Support kami dengan berbelanja di sini:
Rp249.000
Rp79.999
Rp576.000
Rp137.000
Memuat Komentar ...