TK Nasima Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TK Nasima Semarang

Profil
Taman Kanak-kanak (TK) Nasima adalah lembaga pendidikan anak usia dini formal yang berdiri sejak tahun 1994. Yayasan Pendidikan Islam Nasima adalah penyelenggaranya. TK Nasima semula berada Kampus Sekolah Merah Putih I di Jalan Puspanjolo Selatan 53 Semarang, satu lingkungan dengan SD Nasima. Mulai Juli 2011, TK Nasima menempati lokasi baru, yaitu Kampus Sekolah Merah Putih III di Jalan Puspanjolo Tengah Raya 67-71 Semarang. Kampus baru yang indah, menarik, dan lebih lengkap itu menyambut anak-anak berusia emas mulai tahun pelajaran 2011/2012. Tidak hanya TK Nasima, Kelompok Bermain (KB) Nasima yang usianya lebih muda juga ikut menempati kampus baru itu. Menyusul berikutnya Day Care dan Toddler Nasima. Secara keseluruhan akhirnya disebut dengan singkatan DC-T-KB-TK Nasima.

Kurikulum 
DC-T-KB-TK Nasima sejak awal berdiri telah menyusun dan mengembangkan kurikulum yang terintegrasi (integrated curricula). DC-T-KB-TK Nasima mengadopsi beberapa konsep pembelajaran dari para pakar pendidikan yang selama ini diacu oleh lembaga pendidikan nasional maupun dunia. Ki Hajar Dewantara, Montessori, Howard Gardner, dan banyak lagi yang lainnya, termasuk Kurikulum PAUD dari Kemendiknas dan Depag, menginspirasi KB-TK Nasima dalam menyusun kurikulum. Lebih prinsip lagi, DC-T-KB-TK Nasima juga meneladani metode pembelajaran yang diterapkan Rasulullah Muhammad SAW dalam mendidik anak-anak.
Kurikulum DC-T-KB-TK Nasima yang sudah disusun dan terus dikembangkan, mengintegrasikan 5 aspek. Lima aspek yang menjadi kekhasan Nasima itu terdiri dari:
1) Pendidikan agama dan akhlak al karimah
2) Penanaman wawasan kebangsaan atau nasionalisme
3) Penguasaan bahasa asing
4) Penguasan IT
5) Pengenalan lingkungan dan profesi.

Integrated curricula tersebut selanjutnya dijabarkan dalam tema-tema pembelajaran yang sistematik. Rutinitas harian, peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional. kunjungan pengenalan lingkungan, pengenalan profesi, pameran, pentas, dan sebagainya deprogram sebagai aplikasi kurikulum terintegrasi. Guna menerapkan kurikulum unggul dan terintegrasi tersebut, DC-T-KB-TK Nasima menggunakan metode pembelajaran aktif (active learning).

Metode active learning dengan integrated curricula diterapkan DC-T-KB-TK Nasima dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari setiap tema kegiatan secara aktif, dengan mempraktekkan konsep-konsep melalui konteks nyata atau pengalaman langsung, mengembangkan komunitas lokal dan global, serta kesempatan belajar di dalam dan luar kelas. Dengan keaktifannya, siswa mendapatkan pengetahuan secara utuh dan berkaitan satu sama lain serta dapat melatih kemampuan berpikir dari tingkat sederhana sampai tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, dan evaluasi.

Metode Sentra
1. Sentra Nasima 
Sentra Nasima (nasionalisme dan agama) digunakan untuk mengaktualisasikan visi misi DC-T-KB-TK Nasima. Sentra Nasima bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik agama Islam dan wawasan kebangsaan. Ibadah shalat, zikir, berdoa, wudlu, mengaji, dan aqidah akhlak adalah contoh materi keagamaan. Selain itu diintegrasikan pula penanaman ke-Indonesia-an yang Bhinneka Tunggal Ika serta upaya-upaya memperjuangkan dan mengisinya dengan aneka aktivitas yang heroik.
2. Sentra Balok 
Berisi ribuan benda dengan bentuk yang beraneka. Anak-anak dapat menyusun benda-benda itu menjadi bangunan-bangunan imajinatif. Istana, perumahan, gedung-gedung pencakar langit, masjid, dan sebagainya bisa diciptakan oleh anak-anak. Keaktifan anak akan mengembangkan kemampuan visual spatial, motorik, logika matematika, berbahasa, dan sebagainya.
Sentra Bermain Peran mengaktifkan anak untuk bisa bermain peran makro (macro play) dan mikro (micro play). Tema pemeranan diciptakan secara kontekstual. Peran di kamar tidur, di dapur, di pasar, di rumah makan, di rumah sakit, dan lainnya adalah tema yang digemari anak. Anak aktif memerankan tokoh-tokoh yang ditentukan dengan percaya diri. Kemampuan berbahasa, intra personal, interpersonal, dan beberapa kemampuan lain terkembangkan di sentra ini.
3. Sentra Bahan Alam 
berisi aneka material dari alam. Benda-benda padat maupun cair, keras atau lunak, kasar dan halus, dan sebagainya tersediakan. Anak-anak dapat mengindera maupun melakukan eksperimen-eksperimen laksana seorang peneliti. Kemampuan natural atau sains, sensori motor, logika, dan sebagainya terkembangkan dengan baik.
4. Sentra Persiapan a-b-c DC-T-KB-TK Nasima Nasima mengaktifkan anak untuk mengenal, memahami, dan menerapkan konsep-konsep dasar huruf, kata, maupun kalimat. Keterampilan menarik garis maupun berbicara sesuai tema diaktifkan. Dengan sendirinya anak-anak terbawa dalam kecintaannya pada huruf-huruf, kata, dan kalimat. DC-T-KB-TK Nasima tidak salah kaprah seperti KB-TK lain yang sudah mengajarkan baca tulis di TK. DC-T-KB-TK Nasima mengembangkan kemampuan keaksaraan (literacy) secara bertahap dengan tepat. Meski tidak diajari baca tulis secara langsung, anak-anak DC-T-KB-TK Nasima memiliki konsep dasar yang kuat tentang aksara, gemar membaca, dan mampu menulis dengan tepat ketika belajar di jenjang selanjutnya. Kemampun berbahasa Inggris juga dikenalkan di sentra ini bersama guru yang berkompeten dan native speaker.
5. Sentra Persiapan 1-2-3 mengembangkan kemampuan logika matematika lewat aneka media dan permainan. Anak-anak ditanamkan tentang konsep-konsep dasar perbandingan besar kecil, panjang pendek, dan banyak sedikit suatu benda. Secara bertahap mereka dipahamkan tentang jumlah, kemudian penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian lewat games yang menyenangkan. Simbol-simbol bilangan juga mulai dikenalkan. Pada akhirnya, anak memiliki kecerdasan logika matematika yang kuat.
6. Sentra Seni Budaya ramai dengan aktivitas seni rupa, musik, dan tari. Media yang lengkap disediakan untuk mengembangkan kemampuan motorik, daya estetis, kreativitas, dan imajunasinya. Melukis, menggambar, melipat, meronce, musik diatonis, gerak ritmik, sampai aneka tarian tematik dibiasakan pada anak-anak didik DC-T-KB-TK Nasima. Papan pajangan karya selalu penuh dengan karya anak. Setiap acara peringatan hari besar maupun akhir semester pasti ada pentas musik dan tari sebagai aktualisasi bakat minat anak didik di bidang seni budaya.
7. Sentra Permainan (indoor games) menyediakan alternatif ruang bermain bagi anak selain area permainan di halaman. Aktualisasi energi dan keceriaan anak terfasilitasi dengan tata ruang dan aneka bentuk permainan yang menarik serta aman. Kolam bola, prosotan mini, haluan kapal, balok titian, dan sebagainya tersedia di dalam sentra permainan. Permainan-permainan motorik kasar di Sentra Permainan dapat melatih kelenturan, kelincahan, keseimbangan, koordinasi, keberanian, kerjasama dan sosialisasi anak.
8. Sentra Komputer adalah laboratorium IT bagi anak DC-T-KB-TK Nasima. Program Computertots dikembangkan bersama guru-guru yang berkompeten. Ketrampilan mengenal dan mengaplikasikan aneka games secara tidak langsung juga mengembangkan aspek-aspek kecerdasan lainnya. Program internet untuk anak juga dikenalkan agar secara dini anak dapat mengakses dunia lewat komputernya.

Alamat
Jalan Puspanjolo Tengah Raya 67-71 Semarang Jawa Tengah
Kode Pos:            50141
Telepon:              (024) 7612300
Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi website: https://sekolahnasima.sch.id/profile/1032169-kb-tk