Sifat-Sifat Keteladanan Abuya Habib Hasan Baharun

 
Sifat-Sifat Keteladanan Abuya Habib Hasan Baharun

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa sifat yang menonjol Ust. Hasan  yang  sudah sangat makruf di kalangan santri, dan guru-guru, kalangan habaib dan masyarakat yang sering berkomunikasi dengan beliau  sebagai seorang  figur  ulama sebagai pewaris nabi betul-betul beliau mewarisi sifat-sifat sikap dan perjuangan  Datuknya Al-Musthofa Nabi Muhammad SAW.

Agar kita lebih jelas akan dipaparkan sifat-sifat tersebut serta contoh-contoh sebagian peristiwa serta kehidupan beliau sehingga kita dapat meniru sifat dan sikap keteladanan beliau yang juga senantiasa ditanamkan bagi santri-santrinya adalah sebagai berikut;

Sabar

Adapun salah satu sifat yang menonjol pada diri beliau adalah sifat sabar. Kesabaran  Ust Hasan  sangat dikenal oleh semua kalangan  baik santri, dewan guru, pejabat dan orang-orang yang mengenal beliau,  Sifat kesabarannya sangat luar biasa sebagaimana kesaksian dan cerita yang dilukiskan oleh Ayahandanya sendiri Al-Habib Ahmad bin Husein Baharun:  “Hasan itu sangat sabar, kalau  saya marahi walaupun dia tidak salah tidak pernah menjawab dan apabila difitnah dan diganggu orang tidak pernah membalas dan hanya kepada saya dia menceritakan agar didoakan sehingga diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan fitnahan tersebut.“ Begitu menurut penuturan Hb. Ahmad Baharun pada waktu Ust. Hasan  menghadap ilahi.  Kesabaran beliau sulit dilukiskan baik dalam membina dan membimbing santri serta menghadapi kenakalan santri dan orang-orang yang mengganggu pondok.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN