Enam Teladan Sikap KH. Abdullah Abbas Cirebon yang Dapat Diikuti

 
Enam Teladan Sikap KH. Abdullah Abbas Cirebon yang Dapat Diikuti

LADUNI.ID, Jakarta - KH. Abdullah Abbas merupakan sosok ulama dan tokoh masyarakat yang selalu mengajarkan teladan-teladan yang luhur, baik kepada para santrinya maupun kepada masyarakat di sekitarnya.

Sikap teladan yang beliau ajarkan merupakan tingkah laku dan aktivitas yang selalu beliau praktikan dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam tulisan di bawah ini, terdapat enam teladan yang dapat diikuti dari KH. Abdullah Abbas, diantaranya:

Pertama, Zuhud dan Sederhana

Beliau dikenal sebagai seorang ulama yang lurus dan selalu tampil dalam kesederhanaan. Mulai dari pakaian, tempat tinggal dan fasilitas lainnya, terbilang sangat sederhana. Kesehariannya hanya mengenakan pakaian sarung, baju koko, dan kopyah yang kesemuanya berwarna putih.

KH. Abdullah Abbas juga merupakan sosok kiai yang teguh dalam memegang prinsip, Ikhlas dalam beramal dan berjuang. Pandangan hidup KH. Abdullah Abbas memang terfokus pada perjuangan menegakkan kebenaran dengan tulus ikhlas karena Allah SWT. Ini dibuktikan ketika seusai perjuangan fisik melawan penjajah, beliau dipanggil Bung Karno untuk diberikan penghargaan berupa jabatan. Namun, secara halus beliau menolak dan justru memilih kembali kepesantren.

Kedua, Rendah Hati dan Seorang Humanis

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN