Tidak Perlu Dalil, Santri Harus Bergerak Menjaga Lingkungan!

 
Tidak Perlu Dalil, Santri Harus Bergerak Menjaga Lingkungan!
Sumber Gambar: darulmaarif.net, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Cilacap - Pesantren adalah tempat yang biasa disebut "penjara suci". Penjara dimaknai sebagai gambaran kehidupan santri yang tidak bebas. Tidak bisa sembarangan keluar asrama tanpa izin dan kepentingan, tidak diizinkan menggunakan gawai, dan sebagainya. Suci maknanya kesucian niat untuk semata mencari ilmu, dengan merelakan dirinya jauh dari keluarga dan jauh dari kampung halaman.

Suci bisa juga dimaknai sebagai kesucian dalam arti bersih. Sebab santri adalah orang-orang yang sangat menjaga kebersihan diri dalam menjalankan ibadah mahdah. Baik kebersihan apa yang dipakai maupun apa yang ditempati. Seperti banyak dikaji di dalam kitab-kitab kuning tentang bab bersuci.

Berbicara tentang pentingnya kesucian bagi santri, kebersihan pesantren semestinya menjadi kemutlakan yang dijaga oleh santri. Tapi pada kenyataannya tidak semua pesantren terlalu peduli pada hal tersebut. Banyak pesantren yang tampak "kumuh" dan "kotor". Belum lagi masalah sampah yang dihasilkan oleh santri. Kata suci tampak menjadi abu-abu antara makna dan faktanya.

Santri adalah termasuk komune penghasil sampah yang besar setiap harinya. Tetapi saya masih jarang mendengar ada pesantren yang peduli terhadap hal tersebut. Saya bilang jarang, bukannya tidak ada, tolong jangan tersinggung. Saya bukan berniat

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN