Pesan Emas si Pembuat Cincin kepada Sang Raja Kaya

 
Pesan Emas si Pembuat Cincin kepada Sang Raja Kaya

LADUNI.ID, Jakarta - Alkisah, terdapat seorang raja yang kaya raya dan senang sekali mengoleksi beraneka ragam hiasan emas. Di kerajaan itu, hidup pula seorang tukang emas yang sangat ahli, sangat kreatif, dan bijak bestari sehingga sang Raja menaruh hormat kepadanya. Mengetahui tukang emas itu sudah semakin lanjut usianya, sang Raja datang minta dibuatkan cincin seindah mungkin, siapa tahu cincin itu akan menjadi kenangan terakhir.

Singkat cerita, tidak sampai sebulan tukang emas menghadap Raja menyerahkan cincin pesanannya. Sang Raja sangat gembira dan memuji cincinnya yang sangat indah. Namun, ketika tukang emas hendak permisi, sang Raja mengajukan satu permintaan, “harap kamu tuliskan kata-kata di cincin ini, kalimat apa yang bisa mengingatkan pengalaman hidupmu yang membuat dirimu dikenal sebagai orang bijak bestari dan dihormati di istana ini”

Tukang emas merenung sepanjang jalan. Berhari-hari, berminggu-minggu, dia belum menemukan kalimat apa yang harus dituliskan. Dia merasa, jauh lebih sulit menemukan kata-kata yang diminta Raja ketimbang membuat cincinnya.

Setelah banyak merenung dan mengamati kehidupan sosial serta menerawang membaca ayat-ayat semesta, akhirnya dia memperoleh inspirasi...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni