Syajaratul Ma’arif Bagian 2b: Tata Cara Berakhlak dengan Nama dan Sifat Allah

 
Syajaratul Ma’arif Bagian 2b: Tata Cara Berakhlak dengan Nama dan Sifat Allah

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan ini adalah kelanjutan isi dari kitab Syajaratul Ma’arif Bagian Kedua, karangan Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam, berisi tentang “Tata Cara Berakhlak dengan Nama-nama dan Sifat-sifat Allah”. Selamat membaca.

***

Berakhlak dengan sifat Al-Hilm

Al-Halim maknanya yang tidak tergesa-gesa dalam memberikan hukuman kepada orang-orang berdosa. Karenanya, bersabarlah dalam menghadapi orang yang menyakitimu dan berlaku zhalim kepadamu, yang mencela dan mencercamu. Karena, Tuhanmu Maha Sabar dan Maha Halim. Mahabaik dan Mahamulia. Menerima taubat dari hamba-hambaNya dan memberikan ampunan atas kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang mereka lakukan.

Berakhlak dengan Sifat Sabar

As-Shabur adalah Dzat yang memperlakukan hamba-hambaNya dengan penuh kesabaran. Maka, bersabarlah dalam menghadapi kejahatan orang-orang yang jahat, dan kejelekan orang-orang yang jelek. Karena sesungguhnya Allah sangat mencintai orang-orang yang sabar.

Berakhlak dengan Sifat ‘Afwu

Yaitu engkau memberikan maaf pada orang-orang yang melakukan kesalahan di hadapanmu dan memperlakukanmu dengan buruk. Sebab Allah sangat mencintai orang-orang yang memberikan maaf.

Berakhlak dengan Ihsan, Ijmal, In’aam dan Ifdhal

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN