Karomah Abuya Muhtadi Banten yang Disaksikan Santri-santrinya

 
Karomah Abuya Muhtadi Banten yang Disaksikan Santri-santrinya

LADUNI.ID, Jakarta - Abuya Muhtadi Cidahu Pandeglang Banten, sosok ulama kharismatik sekaligus paku Banten yang masih hidup. Sosok ulama yang terdaftar dalam jajaran Mustasyar PBNU ini, adalah seorang putra dari Abuya Dimyati Banten (waliyullah masyhur yang terkenal dengan kezuhudan dan berbagai karomahnya).

Abuya Muhtadi adalah pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ulum yanf didirikan oleh ayahnya Abuya Dimyati Cidahu.

Seorang ulama yang dijuluki sebagai kiainya para kiai ini, terkenal sebagai Mufti Syafi'iyyah karena telah menguasai 4 kitab pedoman Mutaakhirin As Syafi'iyyah, yakni: Tuhfatul Muhtaj, Mughnil Muhtaj, Nihyatul Muhtaj dan Asnal Matholib. Bahkan menguasai kitab Roudlotut Tholobin sebagai kitab pegangan khusus para mufti.

Selain sebagai mufti As Syafi'iyyah, Abuya Muhtadi juga disebut sebagai Al-Mursyid sebab telah menguasai 14 Fan Thoriqoh dan menjadi Mursyid Thoriqoh As Syadziliyyah.

Penggemblengan Abuya Dimyati terhadap putra sulungnya selama 38 tahun ini, berpengaruh besar pada Abuya Muhtadi yang kini menduduki posisi intelektual di tanah Banten.

Banyak murid-murid beliau dari kalangan santri, bahkan kiai yang secara langsung menyaksikan karomah Beliau.

Berikut beberapa Karomah Abuya Muhtadi Cidahu dari berbagai sumber yang telah kami padukan:

  1. Air sungai yang keruh berubah menjadi bening
  2. Hadir dalam mimpi seseorang
  3. Seorang santri meminta ongkos untuk pulang

Adapun karomah lengkap Abuya Muhtadi Banten dapat disimak dalam video di bawah tulisan ini.

Demikian sederet kejadian luar biada yang disaksikan dan dialami langsung oleh santri-santri Abuya Muhtadi. Semoga Beliau diberikan umur panjang dan sehat selalu, agar terus dapat membimbing kita menuju jalan ma'rifatullah, jalan haq yang diridhoi Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal'aalamiin.