Bagaimana Hukumnya Bila Tertinggal Shalat Jumat? Ini Penjelasan Gus Mus

 
Bagaimana Hukumnya Bila Tertinggal Shalat Jumat? Ini Penjelasan Gus Mus

Dalam buku yang ditulis oleh KH Mustofa Bisri atau Gus Mus berjudul Fikih Keseharian Gus Mus (2005), dijelaskan bahwa terdapat seorang yang menanyakan tentang bagaimana hukumnya bila tertinggalkan shalat Jumat? Apa yang harus dilakukan? Selamat membaca.

***

Pertanyaan:

Pak Mus yang berbahagia.

Setelah kami banyak membaca atau mengikuti tanya-jawab dalam rubrik ‘Sejenak bersama Pak Mus’ kami ingin minta penjelasan mengenai hal-hal berikut:

  1. Di hari Jumat, bila meninggalkan salat Jumat, ada yang kemudian melakukan salat Zhuhur seperti biasa, ada yang hanya salat dua rakaat, ada yang bahkan tidak melakukan salat sama sekali. Mana yang betul?
  2. Dua orang melakukan salat berjamaah, ada yang makmumnya berdiri sejajar dengan imamnya (sebelah kanan imam), ada yang berdiri di sebelah kanan tapi di belakang imam, mana yang betul?

Terima kasih atas penjelasannya. (K Ronggo S)

***

Jawaban:

Bapak K Ronggo S yang terhormat, saya langsung menjawab saja, ya!

1. Salat Jumat itu selain wajib berdasarkan Al-Quran dan Assunnah, merupakan suatu ibadah yang mengandung pelajaran dan pendidikan. Pada zaman Rasulullah Saw., ibadah yang dilakukan seminggu sekali itu dipimpin langsung oleh beliau. Di hari itu, umat Islam...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni