Pesantren Al-Khoiriyah Banyuasin

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al-Khoiriyah Banyuasin

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Khoiriyah didirikan pada tahun 1986, tepat bersamaan ketika masyarakat transmigrasi dari Jawa menginjakkan kaki di daerah penempatan transmigrasi daerah delta kabupaten Banyuasin Propinsi Sumatera Selatan, dengan alamat lengkap saat ini adalah Desa Timbul Jaya, Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Merupakan lembaga pendidikan satu-satunya saat itu, di tengah masyarakat yang harus beradaptasi di tengah belantara daerah trans. Tidak mudah untuk bertahan hidup pada saat itu. Namun rintisan lembaga pendidikan al-Khoiriyah yang dirintis pertama kali oleh Kyai A. Zaini memberikan sumbangan luar biasa bagi masyarakat baru ini.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka lembaga pendidikan rintisan yang mulanya hanya berbentuk lembaga pendidikan informal berupa kelompok pengajian dan bermain, kamudian bertransformasi menuju ke arah pendidikan formal lengkap dari tingkat dasar hingga menengah atas.

Menempati lahan lebih kurang 4 hektar, didirikan beberapa gedung ruang kantor dan kelas, dengan siswa/santri lebih kurang 1000 santri saat ini, maka walaupun sederhana, ruang-ruang kelas terus ditambah.

Bertahan di tengah daerah terisolir, pinggiran bahkan terpencil, ternyata memang bukan hal yang mudah. Tujuan membentuk pribadi beriman, bertaqwa senantiasa dipertegas untuk memantapkan hati agar istiqamah dalam perjuangan ini.

Saat ini Pesantren Al-Khoiriyah, memiliki kurang lebih 40 tenaga pendidikan dan kependidikan, terdiri dari para guru, ustadz, staf administrasi dan sebagainya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.