Ketahui 6 Biaya Ini Sebelum Menggunakan Kartu Kredit

 
Ketahui 6 Biaya Ini Sebelum Menggunakan Kartu Kredit

LADUNI.ID, Jakarta - Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran resmi dari pihak bank kepada nasabanya, di mana di dalamnya terdapat sejumlah dana yang dibatasi limit dengan jumlah yang ditentukan oleh pihak bank. Tentu saja, limit ini sesuai dengan kebijakan dan aturan yang dari bank.

Kartu kredit telah menjadi bagian penting bagi masyarakat modern. Sama seperti teknologi, kartu kredit yang membantu aktivitas sehari-hari. Terutama untuk hal yang berkaitan dengan finansial.

Dulu kartu kredit diciptakan dengan manfaat utamanya sebagai alat untuk pembayaran, tapi tidak jarang fasilitas ini disalahpahami, lantaran rentan salah digunakan sebagai alat utang. Karena itu, perlu pengatahuan yang memadai tentang kartu kredit agar kita tidak terjebak akan risiko terjerat utang.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, sebaiknya kita mengetahui apa saja biaya yang harus dikeluarkan saat penggunaan kartu kredit, agar nantinya tidak timbul penyesalan dikarenakan terlalu banyak biaya yang dikeluarkan. Adapun biayanya adalah sebagai berikut.

1. Biaya tahunan
Biaya yang dibebankan tiap tahunnya untuk pengguna kartu kredit, tapi biasanya untuk tahun pertama digratiskan untuk menarik nasabah agar mengunakan  kartu kredit. Biaya ini bisa juga dibayar dengan menggunakan poin yang didapat saat melakukan transaksi pada kartu kredit.

2. Biaya keterlambatan
Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan pengguna jika ada keterlambatan dalam membayar tahiahan kartu kredit. Hal ini yang sering menjadi problem bagi pengguna kartu kredit karena tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jika tagihan belum bisa dibayar sesuai ketentuan, pengguna kartu kredit dibebankan biaya keterlambatan yang akan semakin besar jika pembayarannya semakin lama.

3. Biaya bunga
Sama seperti kartu lainnya, kita juga membayar bunga pada kartu ini untuk transaksi, dengan melakukan pembayaran secara kredit.

4. Biaya tarik tunai
Sama sepertinya kartu debit, kartu kredit juga bisa digunakan untuk penarikan tunai di ATM, tetapi ada bunga yang menyertai meski menariknya di ATM bank penerbit kartu.

5. Biaya over limit
Beberapa bank membebani biaya over limit jika pengguna kartu kredit menggunakan melebihi limit yang digunakan dan ada juga yang langsung menggembok kartu kredit setelah sampai limit dan kartu kredit tidak bisa digunakan sebelum melunasi tagihan kartu kredit.

6. Biaya informasi tagihan
Informasi tagihan juga akan dibebankan biaya jika kita mengecek beberapa tagihan pada bulan itu melalui SMS atau email. Maka, semakin banyak informasi tagihan yang kita lakukan maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan.

Melihat berbagai macam biaya yang dikeluarkan, sebaiknya kita perlu mempertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan kartu kredit. Sebab, itu nantinya berdampak pada saat pembayaran tagihan yang mungkin akan menyusahkan anda.

Kita bisa juga membandingkan mafaatnya dengan kartu-kartu lain, agar nanti bisa mempertimbangkan dengan matang apa yang harus dilakukan agar tidak terjebak hutang.(*)

***

Penulis: Rohmanil Azmi
Editor: Muhammad Mihrob