4 Alasan Mengapa Bank Syariah Didirikan di Indonesia

 
4 Alasan Mengapa Bank Syariah Didirikan di Indonesia

LADUNI.ID, Jakarta - Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan landasan alquran dan adis nabi SAW. Dengan kata lain, bank syariah adalah lembaga keuangan yang memiliki usaha pokok memberikan pembiayaan dan jasa yang lainnya dalam lalu lintas pembayaran, serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam.

Bank syariah juga menghindari sistem bunga dalam mengoperasikan usahannya. Keberadaan bank syariah atau yang biasa kita sebut bank Islam dapat dijadikan sebagai sebuah solusi alternatif terhadap persoalan tentang adanya pertentangan antara bunga dengan riba.

Di Indonesia, pendirian bank syariah sudah lama dicita-citakan oleh umat Islam. Karena banyaknya permintaan dari umat Islam, maka terbentuklah bank syariah yang bisa memenuhi apa yang menjadi permintaan umat muslim selama ini.

Ada beberapa alasan kuat terbentuknya bank syariah yaitu:

1. Riba

Riba merupakan problem yang sangat besar bagi umat muslim. Pada saat ingin menabung di bank konvensional, maka dari itu bank syariah hadir untuk menghilangkan riba.

2. Tanpa bunga

Ini juga salah satu alasan kuat kenapa bank syariah didirikan karena ada bank keluhan dari masyarat akan bunga yang dibayarkan tidak sesuai dengan dana yang disetorkan. Itu akan menimbulkan kerugian bagi para penyetor. Dengan melihat masalah ini, timbulah ide didirikannya bank syariah agar para penabung/penyetor tidak perlu memikirkan bunga yang di tanggung tiap bulanya.

3. Sistem bagi hasil

Ini tak kalah penting dari alasan terciptanya bank syariah, karEna dengan sistem bagi hasil para nasabah bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika pendapatan bank semakin banyak.

4. Produk yang ditawarkan

Produk yang ditawarkan oleh bank syariah sangat beragam, di mana berguna memudahkan  masyarakat seperti tabungan haji, wakaf dan yang lainnya. Tabungan ini berfunsi agar masyarakat tak perlu lagi kalau ingin menabung untuk berhaji atau kegiatan amal lainnya.

Dari empat alasan di atas kita bisa merasakan akan perkembangan bank syariah di masa yang akan datang, karena banyaknya problem yang dapat diselesaikan di bank syariah, seperti yang terselesaikan seperti tiga contoh di Indonesia.

Hal itu merupakan bukti bahwa perkembangan bank syariah sendiri telah terlihat. Dengan begitu, kita bisa memprediksi akan kemajuan bank syariah di masa yang akan datang sehingga mampu memenuhi apa yang kebutuhan dan menyelesaikan problem umat muslim.(*)

 

Penulis: Rohmani Azmi
Editor: Muhammad Mihrob