Di Masa Depan, Porang Diprediksi Jadi Makanan Pokok Pengganti Beras

 
Di Masa Depan, Porang Diprediksi Jadi Makanan Pokok Pengganti Beras

LADUNI.ID, Jakarta - Saatnya pemerintah dan swastawan khususnya para pengusaha industri membangun pabrik-pabrik di seluruh provinsi di Indonesia, mengingat geliat dan booming Porang makin membahana di seluruh Nusantara.

Geliat petani dalam membudidayakan tanaman porang (Amorphophallus Mueller) sedang marak di kalangan petani di pedesan. Apalagi porang adalah tanaman pangan yang unggul melebihi beras dan gandum.

Kadar serat pangan (glucomanan) porang lebih yakni 55-65% lebih tinggi dibandingkan gandum yang kadar serat pangannya hanya 28%.

Keunggulan inilah yang akan menaikan nilai porang sebagai bahan pangan sehat pengganti beras (mengkonsumsi dalam jumlah sedikit tapi tak bikin obesitas).

Tanaman Porang Dilihat dari Sejarah

Porang adalah fenomena zaman. Beratus-ratus  tahun porang ada di bumi pertiwi ini, di pinggir jurang, di bawah rumpun bambu, di bawah pohon duku dan pepohonan yang rindang, di semak belukar, di hutan lebat, tanpa ada orang kita sudi menengok atau bisa memanfaatkannya.

Bahkan jadi gulma dan musuh bagi petani  karena lebatnya daun porang yang mengalahkan tanaman sayur dan lain-lain. Dicabut, dibabat dibuang ke jurang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN